in

Banyuwangi Berhasil Menyabet Empat Penghargaan Wisata, Apa Saja?

Kabupaten Banyuwangi menyabet empat penghargaan dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021. (Foto/IST)

Banyuwangi | Kabupaten Banyuwangi dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 yang bertemakan “Desa Wisata” berhasil menyabet empat penghargaan.

Penghargaan tersebut yaitu :

  1. Juara 2 untuk kategori Desa Wisata Kreatif
  2. Juara 1 Desa Wisata Alam
  3. Juara 2 desa Wisata Budaya
  4. Kategori Special Recognation

Acara yang bergengsi ini diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan dan diikuti sebanyak 242 daerah. Penghargaan pun langsung diterima oleh Ipuk Fiestiandani selaku Bupati Banyuwangi. Ia pun mengucap syukur bila potensi wisata Banyuwangi menjadi berkembang

Ipuk mengaku, pihaknya bersama stakeholder terus menggali potensi wisata yang dimiliki Banyuwangi. Hingga saat ini Banyuwangi memiliki 189 desa, dari jumlah tersebut Ipuk telah memetakan 99 desa yang memiliki potensi wisata karena memiliki keunikan wisata masing-masing.

Banyuwangi borong penghargaan di ajang Trisakti Tourism Award 2021 - ANTARA  News Jawa Timur
Ipuk Fiestiandani, Bupati Kabuaten Banyuwangi saat menerima penghargaan di ajang Trisakti Tourism Award 2021. (foto/Antaranews)

Ipuk mengatakan, bahwa ia tidak kehabisan ide untuk memajukan wisata Banyuwangi meskipun adanya pandemi Covid 19, bahkan semakin bersemangat untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Melalui program Bunga Desa, Ipuk pun berkanotr di desa yang secara rutin mengecek dan langsung ke desa-desa untuk memerikan pendampingan dan motivasi. Hal ini dilakukannya agar permasalahan di desa cepat terselesaikan.

“Walaupun pandemi yang menyulitkan, desa-desa harus tetap bangkit. Upaya yang selama ini kami bangun menjadi wujud dari kecintaan kami pada Banyuwangi,” ujarnya.

Diakuinya, saat sebelum pandemi, wisatawan yang datang ke Banyuwangi mengalami peningkatan yang pesat baik dari dalam maupun luar negeri. Berbeda saat pandemi sekarang, ia berfokus untuk menggaet wisatawan lokal

Mengingat kedepannya masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19, Ipuk membuat program wisata di era pandemi. Pada program ini ia memberikan sertifikasi ke desa yang memiliki wisata.

Disamping itu ia dan tim tengah melakukan uji coba agar wisata-wisata di Banyuwangi masuk ke aplikasi PeduliLindungi

“Karena tidak mungkin outdorr tourism ini tutup terus ya. Dengan adanya PeduliLindungi ini wisata yang sudah bersertifikasi bisa buka dan tetap mengedepankan prokes,” ujarnya.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Warga Mengeluh Kondisi Jalan Di Depan Stasiun Cilebut, Kenapa?

    Perbatasan Lembang-Padalarang Disekat, Ada Apa?