in

KA Bandara Internasional Yogyakarta, Mulai Beroperasi Komersial

Yogyakarta | KA Bandara yang diuji coba langsung kepada masyarakat pada 1-16 September 2021 tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, besok KA Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ini akan beroperasi secara komersial mulai Jumat, 17 September 2021.

Untuk jadwal perjalanan masih sama dengan periode uji coba, yaitu 8 kali perjalanan perhari, dengan rincian 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyebut mulai besok KA Bandara YIA sudah bisa dipergunakan bagi masyarakat umum dengan tarif tiket Rp20.000 untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA, Rp10.000 untuk rute Yogyakarta – Wates, dan Rp20.000 untuk rute Wates – Bandara YIA.

Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya,” ujar Zulfikri, Kamis (16/9/2021).

Direktorat Jenderal Pekeretaapian yang melakukan inisiasi untuk menjaring antusiasme dan masukan masyarakat dalam upaya peningkatan layanan KA Bandara YIA ini dengan melakukan uji coba langsung oleh masyarakat

“Saya mengapresiasi pelaksanaan uji coba dengan masyarakat kemarin karena ternyata antusiasmenya cukup tinggi, dengan jumlah penumpang hingga tanggal 13 September mencapai 3.646 orang,” ungkapnya.

Dengan adanya KA Bandara YIA ini, ia berharap kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan kereta ini untuk mobilitas dari dan ke bandara serta untuk kegiatan harian lainnya.

Uji coba layanan KA Bandara juga dimaksudkan agar terjadi kesusaian antara periode kedatangan dan keberangkatan pesawat dengan jadwal KA Bandara YIA, sehingga operasional KA Bandara dapat lebih efektif dan sesuai dengankebutuhan masyarakat.

Terlebih setelah penurunan ke level-3 PPKM di Yogyakarta, terjadi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara YIA hingga sebanyak 25 kali penerbangan per hari dengan jumlah penumpang mencapai 3.500 orang per hari. Tentunya KA Bandara YIA akan membantu mobilitas masyarakat dari dan ke Bandara YIA.

Beroperasinya KA Bandara YIA sekaligus wujud komitmen Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk hadir dalam rangka memberikan kemudahan aksesibilitas dan konektivitas antar moda, sehingga diharapkan mampu mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Harga Telor Anjlok, Peternak Resah

    Puluhan Rumah Di Pancoran Mas, Kota Depok Disegel, Tidak Ada IMB