in

Bersepeda Wisata di Kawasan Bandara YIA

Peserta Nggowes Wisata di Kawasan Bandara YIA. (Foto:Istimewa)

Yogyakarta | Bersepeda Normal Baru (BNB) Cycling Club kembali menggelar bersepeda terbatas bagi anggotanya. Event tersebut diselenggarakan hari Sabtu, 25 September 2021 di Kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY. Jumlah peserta dibatasi maksimal 30 penggowes dengan pertimbangan masih dalam kondisi PPKM Level 3.

Rombongan berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 05.00 WIB dengan menggunakan KA Bandara YIA. Semua peserta menggunakan sepeda lipat (seli) agar dapat diangkut dengan kereta tersebut. Perjalanan ke Bandara YIA ditempuh dengan waktu 45 menit. Sampai di Stasiun Bandar YIA, seluruh peserta melakukan pemanasan dan mendengarkan penjelasan tata tertib bersepeda di Kawasan Bandar YIA.

Pemanasan di Kawasan Tugu Malioboro YIA. (Foto:Istimewa)

Start dari Kawasan Tugu Malioboro yang berada di depan Stasiun Bandara YIA. Berakhir di Bale Kambang Bandara BIY dengan menempuh jarak sekitar 10 km.  Rute melewati jalan aspal yang mulus dengan jalan yang landai, berkelok, naik dan menurun. Penggowes menikmati sejuknya udara segar laut dan cahaya matahari yang cerah. Acara finish di Bale Kambang YIA tersebut, dimeriahkan dengan hiburan dan MC kondang Duo Kebo.

“Kegiatan oleh BNB Cycling Club ini merupakan event pertama yang diselenggarakan di Kawasan Bandara YIA”, jelas Agus Pandu Purnama (GM Bandara YIA). Selanjutnya Pandu menjelaskan bahwa pada dasarnya pengelola mempersilahkan kelompok bersepeda dari manapun untuk bersepeda wisata Bandara YIA. Hanya agar pelaksanaan bersepeda dapat berjalan dengan tertib, aman dan nyaman maka kelompok bersepeda harus berkoordinasi dengan manajemen Bandara YIA. “Secara teknis operasional bersepeda wisata akan dikoordinasi oleh Indro Kimpling Suseno”, tegas Agus Pandu Purnama.

“Kami siap mendampingi kelompok bersepeda yang ingin bersepeda di Kawasan Bandara YIA”, jelas Indro “Kimpling” Suseno (Mitra Pengembang Kawasan Tugu Malioboro YIA). Menurut Kimpling, kami telah meyipakan tim untuk menyiapkan rute, konsumsi serta acara di tempat finish. Di samping itu, juga akan diselenggarakan jalan-jalan (tour) di dalam Bandara YIA dengan jalan kaki.

“Sungguh pengalaman yang luar biasa, bersepeda di Kawasan Bandara YIA”, jelas Tisnawan (Kepala BI DIY) yang mulai Oktober 2021 mendapat tugas di Kantor Perwakilan BI Tokyo. Secara pribadi Hilman mendukung rencana manajemen Bandara YIA untuk memanfaatkan Kawasan Bandara YIA untuk bersepeda wisata.

“Kami Bank BPD DIY mendukung ide bersepeda wisata di Kawasan Bandara YIA”, tegas Santosa Rohmad (Dirut Bank BPD DIY). Menurut Santosa, ke depan event bersepeda di Kawasan Bandara BIY dapat  mendukung pemulihan ekonomi secara bertahap, khususnya pariwisata. “Bank BPD DIY bersama mitra (BI, OJK dan Swasta) juga akan tetap mendukung event yang diselenggarakan oleh BNB Cycling Club”, jelas Santosa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD DIY dan Manajemen Bandara YIA yang telah mendukung kegiatan kami”, jelas Y. Sri Susilo (Koordinator BNB Cycling Club). Dalam event BNB Cycling Club pertama kali di tahun 2021 ini, juga diikuti oleh Eko Suwardi (Ketua ISEI DIY), Trisaktiyana (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY), dan Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY).(Sri/Girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    FORMI Kemantren Tegalrejo Siap Berlaga Lomba Line Dance Tingkat Kota Yogyakarta

    UMKM Jabar Masuk di Marketplace Meningkat 34 Persen