in

Simulasi Dan Penerapan Aturan Wisatawan Malioboro Mulai Dilakukan

Yogyakarta | Simulasi alur kedatangan dan penerapan aturan protokol kesehatan bagi wisatawan saat memasuki Malioboro mulai dilakukan.

“Kami sudah melakukan uji coba atau simulasi, mulai dari kedatangan wisatawan di tempat khusus parkir sampai saat mereka akan masuk ke Malioboro,” papar Kepala Unit Pelaksana Tugas Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta Ekwanto, Rabu (1/9/2021). 

Pengecekan dilakukan mulai dari saat memasuki kawasan Malioboro. Dalam simulasi tersebut, pengunjung melakukan pengecekan barcode yang wajib dipindai kemudian dilanjutkan dengan pengecekan suhu tubuh, masker serta dokumen perjalanan serta alur wisata memasuki Malioboro.

Dilansir dari IDNtimes.com, antisipasi pun sudah dipersiapkan jika terjadi kepadatan pengunjung yang datang pada saat bersamaan.

“Tujuannya supaya tidak terjadi kerumunan pengunjung sehingga perlu ada pembatasan-pembatasan,” katanya.

Durasi kunjungan pun akan diberlakukan pembatasan yaitu maksimal dua jam untuk wisatawan. Untuk pengingat bagi wisatawan apabila sudah mencapai durasinya maka wisatawan akan menerima pesan singkat melalui Whatsapp, 10 menit sebelum waktu habis.

“Nantinya akan ada informasi untuk mengingatkan mereka jika kunjungan ke Malioboro sudah hampir habis, mohon melanjutkan perjalanan,” terangnya.

Berbeda dengan pengunjung yang datang menggunakan bus pariwisata, akan diberikan waktu lebih lama sekitar 3 jam. Menurut Eko, hal ini harus diperhitungkan keluar masuk tempat parkir dan jarak yang ditempuh wisatawan.

Bagi pengunjung yang datang menggunakan bus pariwisata diberikan waktu lebih lama, yaitu tiga jam. Hal ini menurut Ekwanto harus diperhitungkan keluar masuk tempat parkir, dan jarak yang ditempuh wisatawan untuk menuju Malioboro. 

“Bus diberikan durasi lebih panjang karena wisatawan dimungkinkan tidak bisa serta merta turun karena ada antrean masuk ke Malioboro. Bisa saja bus harus menunggu setengah jam baru diperbolehkan menurunkan penumpang,” katanya.

Sedangkan bagi wisatawan yang berkunjung dengan kendaraan pribadi, juga akan dilakukan pengecekan di pintu-pintu masuk Malioboro, khususnya untuk kartu vaksinasi.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Child Free, Dapatkah Dijadikan Pilihan?

    Carsome Dapat Dana Segar Untuk Ngebut Lagi