in

Ternyata Orang Nigeria Doyan Banget Indomie, Ini Faktanya

pinggirtembok | Salah satu mie instan yang digemari masyarakat Indonesia adalah Indomie. Namun, kepopuleran Indomie ternyata tidak hanya di negara asalnya saja, tetapi juga di Nigeria, Afrika.

Indomie pertama kali mendarat di Nigeria pada tahun 1988 dan langsung disukai oleh masyarakat sana. Pada 1995, pabrik produksi Indomie pertama dibuka di Nigeria.

Untuk varian rasa Indomie yang dipasarkan di Nigeria, di antaranya adalah rasa Ayam, Ayam Bawang, Ayam Lada, dan Mi Goreng Oriental. Merek mi asli Indonesia ini juga pernah meraih penghargaan konsumen, sebagai produk terbaik di Nigeria.

Saking besar permintaan terhadap Indomie, saat ini Indofood memiliki 4 pabrik Indome di Nigeria dengan rata-rata produksi 8 juta bungkus perhari.

Melalui kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored selaku General Manager Indofood dalam videonya yang diunggah pada Senin, 7 Juni 2021, ia mengatakan Negara Nigeria merupakan negara dengan pasar terbesar penjualan produk indomie di benua afrika yang disusul oleh Mesir.

Fakta Menarik Indomie di Nigeria

1. Strategi Marketing Indomie di Nigeria yang Unik

Karena Indomie saat masuk ke Nigeria belum memiliki saingan, sehingga membuat produk ini sangat asing. Namun agar masyarakat mau mencicipi produk ini, indomie diperkenalkan secara door to door dan mengklaim indomie memiliki kandungan gizi lebih lengkap dari beras

2. Diklaim Sebagai Makanan Asli Nigeria

Jika makanan asli Padang, Indonesia yakni rendang pernah diklaim negara Malaysia, Indomie pernah diklaim sebagai makanan asli Nigeria. Hal ini dikarenakan pada saat Indomie dipasarkan di Nigeria, Pihak Dufil sebagai perusahaan yang membuka pabrik Indomie disana tidak menyertakan nama Indonesia sehingga warga Nigeria sangat yakin bahwa Indomie adalah makanan asli Nigeria.

3. Kata Mi Digunakan Untuk Indomie

Ketika suatu produk pertama kali keluar sebelum memiliki pesaing pasti kita akan menggunakan nama tersebut hingga melekat di kepala kita, hingga muncul pesaing pun yang diingat produk awal tersebut.

Hal itu terjadi di Nigeria ketika pertama kali Indomie diperkenalkan pertama kali, sehingga kata mi diganti dengan indomie

4. Cara Membuatnya yang Praktis

Salah satu alasan mengapa menjadi favorit di Nigeria adalah praktis dalam pembuatannya dan tidak perlu wakt lama. Untuk warga menengah kebawah, Indomie menjadi makanan pokok atau sebagai lauk

5. Tag Line dalam Promosi Indomie di Nigeria Yang Unik

Tagline Indomie yang paling populer di Nigeria adalah “No mama be like you, no noodles like Indomie”, yang artinya “Tiada ibu sepertimu, tiada mi seperti Indomie”.

6. Indomie jadi Makanan Pokok Kedua di Nigeria Selain Nasi

Sama seperti di Indonesia, Nigeria menjadikan nasi atau beras sebagai makanan pokok. Namun, munculnya Indomie di negara mereka, membuat Indomie sangat laris, dan menjadikannya bahan pokok kedua setelah nasi.

Terlebih, pada 2015 lalu Nigeria pernah mengalami krisis ekonomi, di mana mereka kesulitan untuk membeli nasi, karena harganya melambung tinggi. Jadi ketimbang beli nasih, maka mereka berpaling ke Indomie sebagai asupan karbohidrat utama, dan harganya juga lebih murah.

7. Aboki Warung Makan Indomie Tersukses di Nigeria

Jika di Indonesia, Indomie ada di setiap warung kop, berbeda di Nigeria yang punya warung khusus Indomie

Kepopuleran Indomie membuat adanya peluang bisnis yang menguntungkan bagi Aboki, pemilik warung Indomie tersukses di Nigeria. Tidak hanya direbus lalu diberi bumbu, Aboki menyediakan menu Indomie dengan cara masak yang berbeda dari cara biasanya.

Bahkan, Aboki bisa meraup keuntungan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per harinya. Bagaimana, warga Indonesia, masa kalah dengan Aboki penjual Indomie di Nigeria? (girbok/cekaja)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Emtek Dan Group Anthoni Salim Ciptakan Peluang Kerjasama Digital

    Pengusaha Laundry Di Depok, Buka Warung Nasi, Bayar Seikhlasnya