in

Ancemon, Camilan Tradisional Khas Bogor Yang Hampir Terlupakan

Ancemon. (Foto/Istimewa)

Bogor | Di Bogor terdapat berbagai macam makanan dan camilan tradisional yang khas dan unik. Sebut saja cungkring, toge goreng, es pala dan ancemon.

Namun, ada salah satu camilan yang semakin sulit ditemui, yakni ancemon, kudapan khas dari parutan singkong yang biasa dihidangkan dengan taburan kelapa dan gula merah.

Saung Jurasep merupakan salah satu kedai makanan yang masih menjual ancemon. Berlokasi di Jalan Villa Ciomas No. 5, Ciomas, Kabupaten Bogor

Pemilik Saung Jurasep, Asep mengatakan, di saungnya terdapat berbagai macam jenis ancemon, mulai dari ancemon original, ancemon keju, ancemon almond dan ancemon cokelat keju kelapa, pada Jumat (30/10)

Tak hanya ancemon, untuk menemani pengunjung bersantai ria di saungnya, ia juga menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional, diantaranya papais (mirip nagasari), katimus, wedang jahe, susu telur madu lemon, kunyit sereh asam, dan teh daun kelor sereh yang diklaim dapat untuk menambah stamina.

“Menu andalan lainnya yaitu kopi liong biji, yang merupakan kopi asli dari Bogor,” pungkasnya.

Asep mengatakan aneka menu tradisional tersebut memang sengaja dibuat untuk menyesuaikan konsep Saung Jurasep. 

Saung Jurasep mengusung konsep perpaduan zaman dahulu dan sekarang, bertujuan untuk menyatukan pengunjung lintas generasi. 

Harga seporsi ancemon original dijual Rp 12.000, ancemon keju Rp 20.000, ancemon almond Rp 25.000, dan ancemon coklat keju kelapa Rp 25.000. Saung Jurasep sendiri buka dari jam 9.00 hingga 22.00 WIB. (girbok/kompas)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Harga Cabai Di Depok Dipantau Mulai Merangkak Naik

    Tenaga Pendidik Wajib Kuasai Teknologi dan Komunikasi