in

Kota Salatiga Yang Sejuk, Jangan Lupa Mampir Ke Cafe Ini

pinggirtembok.com | Di kota Salatiga, Jawa Tengah, terdapat sebuah kota yang bernama Kopeng, yang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Namun jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Cafe ROD’S Koffiehuis Belanda yang beralamat di Dusun Dukuh, Kopeng.

Cafe yang di design oleh Mr. Rodney Hogeboom seorang keturunan Warga Negara Belanda ini memiliki konsep yang unik, yaitu bangunannya yang berupa rumah joglo namun interior dari cafe ini mengandung unsur Belanda yang khas dengan perapiannya.

Tempat yang dikenal dengan Kafe Joglo Belanda ini didirikan pada tahun 2012. Namun, Mas Yunan sebagai Co-Owner dari ROD’S Koffiehuis Belanda ini mengatakan soft opening dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2020.

Menu khas dari cafe ini adalah kopi asli dari berbagai daerah khususnya di Indonesia mulai dari kopi Aceh hingga Kopi Flores. “Kopi yang kami sajikan ini asli dari daerah tersebut, kami tidak mengoplos kopi-kopi tersebut. Kami langsung membeli kopi tersebut dari petani kopi di daerah-dareah. Brand Kopi kami Cakra dari CV. Cakra exportir kopi terkemuka di Salatiga Jawa Tengah”, ujar Yunan.

Tidak tanggung-tanggung, ROD’S Koffiehuis Belanda ini pun sudah melakukan ekspor sampai ke Korea Selatan hingga Amerika, bahkan segera ekspor ke Jerman.

Saat seperti ini perekonomian memang sangat berpengaruh karena adanya pandemi, sehingga penjulaan ekspor pun menurun, tapi untuk penjualan lokal justru meningkat. Hal ini dipacu oleh banyaknya UKM yang berkembang saat ini menggunakan daring dalam penjualannya.

“Selain dari menu beragam kopi, café ROD’S koffiehuis Belanda juga menyediakan berbagai macam menu khas Jawa. Tidak ketinggalan menu singkong keju khas Salatiga. Dan selain kopi kami juga akan menambahkan menu cascara. Minuman cascara ini terbuat dari kulit kopi yang diolah, sekilas mirip dengan teh”, ujar Bu Hesti co-owner dari R0D’S koffiehuis Belanda.

Bagi sobat girbok yang ingin mengetahui berbagai menu dari ROD’S Koffiehuis Belanda ini dapat mengunjungi akun instagramnya di @rodskoffiehuisbelanda. (Lisa/FDF)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Keindahan Tanaman Hias, Se-Indah Harganya Saat Ini

    Manfaat Tanaman Hias Yang Luar Biasa Begitu Pula Harganya Yang Meroket