in

Teknologi Kesehatan, Seperti Apa Perkembangannya Saat Ini

pinggirtembok.com | Beberapa tahun belakangan ini, dunia teknologi semakin berkembang pesat. Perkembangan ini merupakan revolusi industri 4.0. Periode dimana perkembangan teknologi baru yang belum terjadi di era sebelumnya di beberapa bidang, seperti teknologi di digital, biologis, fisik, transportasi dan lain sebagainya.

Dari beberapa teknologi yang berkembang, digital yang berkembang sangat pesat dan paling berpengaruh, termasuk di teknologi kesehatan.

Kalau sebelumnya kita harus selalu mendatangi penyedia pelayanan kesehatan, dengan adanya teknologi digital untuk kesehatan, penyedia pelayanan kesehatan yang mendatangi pasien

Bagaimana tidak, perkembangan teknologi di bidang kesehatan ini mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Pasien pun semakin mudah dalam mendapatkan informasi kesehatan melalui sosial media dan aplikasi yang disediakan. Para pasien cukup duduk santai sambil jari menari-nari diatas ponsel

Selain memberikan informasi kesehatan melalui aplikasi, ada beberapa kecanggihan lain dalam menggunakan teknologi yang digunakan untuk dunia kesehatan dan kedokteran. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan teknologi tersebut.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan untuk menjalankan fungsi layaknya seperti manusia. Bila di dunia nyata kita kenal Robot yang melakukan fungsi seperti manusia. Robot ini juga sedang dikembangkan untuk membantu dokter dalam melakukan operasi-operasi yang memerlukan ketelitian tingkat tinggi. Dalam dunia digital, kita bisa menemukannya di aplikasi-aplikasi. AI ini berupa chatbot atau asisten virtual yang bertugas menjadi adminisitrator atau customer service.

Nah temen-temen bisa bedain gak, admin yang berupa AI atau memang manusia yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kita. Coba saja kita berinteraksi melalui chat di aplikasi pelayanan kesehatan tersebut dan lihat apa jawabannya, setelah itu tanya hal yang serupa lagi.

2. Health Monitoring Tech

Kalo bahasa kerennya nih, teknologi untuk memantau kesehatan kita. Bagi anda yang sudah familiar, mungkin akan mengenal teknologi ini, wearables seperti gelang pintar. Fungsi utama gelang ini dapat mengukur frekuensi dan target berbagai jenis aktivitas fisik, menilai pola tidur, serta mengukur detak jantung. Dengan ini, Anda bisa punya pengingat kala gaya hidup kurang baik.

Informasi yang didapat dari kondisi tubuh kita dikirimkan ke alat tersebut dan diteruskan lagi ke aplikasi atau device yang sesuai sehingga kita pun dapat mengetahuinya.

3. Augmented Reality dan Virtual Reality.

Sebelumnya, teknologi ini biasa digunakan seperti pada permainan, namun saat ini teknologi tersebut dapat digunakan untuk di bidang kesehatan, seperti melakukan latihan simulasi operasi pada pasien sebelum melakukan operasi yang sebenarnya.

Kemunculan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality ini mengubah cara pasien dirawat dan diobati. Bagi anak-anak dengan autisme, misalnya, teknologi ini membantu mereka belajar bagaimana menjelajahi dunia.

Sejatinya dengan adanya teknologi yang berkembang bagi kesehatan ini mempunyai tujuan utama, yaitu mempersingkat berbagai proses pelayanan yang ribet serta memakan waktu. Tapi pada kenyataannya kadang sering berbenturan dengan para pemangku kebijakan terkait dengan kesiapan dan kecepatan menaggapi perkembangan yang ada.

Perlu diperhatikan kembali, saat ini pun berbagai aplikasi kesehatan dapat diunduh di gadget anda. Selain keamanan, kepemilikan data, aspek privasi, berbagi data, serta perizinan, perlu dipikirkan juga bagaimana upaya perlindungan konsumen. Karena perkembangan teknologi kesehatan berbasis digital bersifat terbuka, para pemangku kebijakan sangat perlu bertindak cepat untuk mengantisipasi hal ini.

Bijaklah dalam menggunakan teknologi yang berkembang saat ini, komunikasikan dengan orang yang ahli dalam bidang kesehatan, karena semua informasi yang kita dapatkan melalui sosial media harus ada pertanggungjawaban medisnya, apabila tidak akan berdampak buruk bagi kita sendiri. (FDF)

Dikutip dari berbagai sumber

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Warkop Bang Ukoy, Sederhana dan Istimewa Serta Murah Meriah

    Ini Kendaraan Pertama Yang Masuk Ke Indonesia