in

Dr. Soekanto Relawan Gusdurian Tertua Yang Menjadi Petani Talas Di Depok.

pinggirtembok.com | Pada artikel sebelumnya kita mengulas tentang Ketua Gusdurian Kota Depok Mansyur Al-Farisi. Apakah teman – teman tau, apa sih Gusdurian itu?

Gusdurian adalah sebutan untuk para murid, pengagum, dan penerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur. Para GUSDURian mendalami pemikiran Gus Dur, meneladani karakter dan prinsip nilainya, dan berupaya untuk meneruskan perjuangan yang telah dirintis dan dikembangkan oleh Gus Dur sesuai dengan konteks tantangan zaman. (Sumber penasantri.id)

Kami sengaja mengunjungi sebuah lokasi tempat pembudidayaan Talas di Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat bersama Mansyur Al Farisi, Ketua Gusdurian Kota Depok.

Terlihat seorang bapak tua yang sedang asik mencangkul dan sedang asik menanam bibit Talas di tengah hamparan tanah yang luas yang diperuntukkan lokasi kedua pembudidayaan Talas.

Ya, beliau adalah Dr. Soekanto, pria kelahiran tahun 1945 yang pernah mengabdi di beberapa Rumah Sakit ternama di Indonesia, seperti Rumah Sakit UKI, Cawang Jakarta dan Rumah Sakit Bethesda Yogjakarta.

Mansyur mengatakan bahwa Dr Soekanto merupakan relawan Gusdurian Kota Depok tertua yang usianya sudah mencapai 78 tahun.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia (UKI) tahun 1972 bergelar Dokter Umum dalam bidang Peminatan Olahraga ini selain menjadi relawan Gusdurian juga berperan serta dalam pembudidayaan Talas.

“Menanam Talas tidak memerlukan pekarangan yang luas, cukup di depan rumah menggunakan polibag, usia tanaman cukup 5 bulan sudah bisa dipanen” ujar Dr Soekanto

Ia pun mengatakan dari semenjak kuliah sudah mengurangi konsumsi nasi , lebih sering memakan talas dan sukun. Ini dilakukannya untuk menjaga stamina kesehatan tubuhnya terutama kadar gula.

Sebagai seorang Dokter yang mengerti tentang ilmu kesehatan langsung menjelaskan, “Talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta mineral zat besi dan tembaga. Nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh. Menjaga kadar gula tetap normal, Mencegah penyakit jantung, Meningkatkan kekuatan tulang, Mengurangi risiko kanker dan Membantu menjaga berat badan,” tutupnya. (RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Komunitas Ranggon Sastra Yang Peduli Dengan Pertanian

    SDIT Bina Insan Kamil Juara Lomba FLS2N, Tingkat Kecamatan Sukmajaya Se-Kota Depok Tahun 2019-2020