in

Banjir Capai 1,5 Meter Di Cigedug Bogor, 40 Keluarga Mengungsi

Bogor | Sedikitnya ada sekitar 40 keluarga yang diungsikan akibat rumahnya terendam banjir bandang di Cigudeg, Bogor akibat tanggul jebol.

“Itu di Kampung Kedawung, ketinggian airnya sekitar 1,5 meter. Ada 40 keluarga harus mengungsi sementara di rumah saudaranya dan di Aula Pondok Pesantren Al Basyariah. Ada enam keluarga yang di dalamnya terdapat anak dan balita,” ungkap Camat Cigudeg, Pardi, Selasa (10/2021).

Banjir bandang tersebut terjadi di Desa Rengasjajar sekitar pukul. 18.00 pada Senin (9/8) saat hujan lebat. Derasnya hujan menyebabkan Sungai Cidangder meluap sehingga membuat tanggul jebol.

Pardi menjelaskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim penolong Dinas Pemadam Kebakaran Disdamkar Kabupaten Bogor, untuk meninjau lokasi.

“Banjir mah mulai masuk ke permukiman sekitar setengah sembilan malam dan surut sekitar jam 11 malam. Kan tanggul ini dibangun darurat karena Mei lalu pernah jebol juga,” kata Pardi.

Longsor menimpa rumah warga di Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg. (foto/IST)

Longsor pun terjadi pada waktu yang sama di desa lainnya di Kecamatan Cigudeg, yakni Desa Tegalega dan menimpa rumah milik Mahpudi di RT 1/7.

“Akses jalan Kampung Rahong Hilir menuju Kampung Pabuaran tertutup material longsor sehingga tidak bisa dilalui. Sementara penghuni rumah yang tertimpa longsor, mengungsi ke rumah saudaranya,” kata Pardi.

Kejadian serupa pernah menimpa di dua desa tersebut pada Mei 2021, Bupati Yasin mencatat ada 473 keluarga yang terdampak banjir bandang di tiga desa Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, yaitu Rengasjajar, Tegalega dan Batujajar. (girbok/jabarnews)

.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Preman Di Depok Palak Cafe Ucok Baba Sambil Bilang Gue Orang Kaya

    Mall Di Bandung Mulai Aktif, Pengunjung Antri Untuk Masuk