in

Dua Marketplace Baru Untuk UMKM Ada Di Jawa Tengah

PASAR ONLINE ikipasar, pasar klaster umkm. (foto/IST)

pinggirtembok.com | Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Asosiasi Klaster Indonesia (Aksi) berkolaborasi dengan Emporia Digital Raya yang merupakan entitas perusahaan PT. Anabatic Technologies Tbk (ATIC) meluncurkan marketplace baru untuk UMKM.

Marketplace tersebut bernama Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar, dua platform ini merupakan sebagai ruang alternatif bai para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

“Pasar Klaster UMKM harus jadi ruang alternatif bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk semakin berkembang. Buktikan setelah marketplace ini meluncur setelahnya tidak akan hancur. Saya yakin teman-teman pengelola bisa membanggakan,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam siaran media, Jumat (27/8/2021).

Dilansir dari idxchannel.com, Ganjar berpesan agar masyarakat dapat menjual produknya secara online pada Pasar Klaster UMKM dan membeli produk UMKM tersebut melalui website ikipasar.id

“Kedepannya marketplace ini dapat menjadi wadah melakukan transaksi berbasis teknologi dan akan didukung dengan pendampingan berkelanjutan,” tambah Ganjar. 

Product Development Group Head PT Emporia Digital Raya Zikry Ariesky mengungkapkan rasa bangganya karena mendapatkan kepercayaan dari Pemda Provinsi Jawa Tengan untuk mendorong transformasi digital UMKM di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan teknologi,” ujar Zikry.

Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar ini terbuka untuk berbagai macam jenis usaha UMKM. Seperti makanan, minuman, hasil olahan pertanian atau perikanan, batik, garmen, kerajinan tangan, produk olahraga, kesenian, kesehatan, perlengkapan rumah tangga dan lainnya.

Ketua Asosiasi Klaster Indonesia Dr Agus Suryono berharap dengan hadirnya marketplace hasil kolaborasi Lembaga, Pemerintah Daerah dan Swasta ditengah masyarakat ini akan membawa titik terang bagi UMKM di Indonesia untuk dapat lebih berkembang.

Saat ini Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar telah didukung lebih dari 1000 UMKM dan kedepannya ditargetkan lebih dari 10.000 UMKM di Provinsi Jawa tengah akan bergabung.

Sebagai informasi, Pasar Klaster UMKM adalah sebuah aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Play Store yang didalamnya terdapat banyak product digital untuk digunakan bertransaksi termasuk didalam terdapat IKI Pasar yang dapat melihat dan membeli product-product dari UMKM.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Ronaldo Angkat Kaki Dari Juventus

    Seorang Pria Di Sumatera Utara Meninggal Saat Sujud Shalat