in

Bisnis Grafika Menurun, Mughi : Ubah Orientasi Pasar dan Produk

Yogyakarta | Industri grafika diakui oleh beberapa pengusaha di DIY mengalami penurunan omzet secara drastis. Dengan adanya pandemi Covid 19 membuat menurunnya kebutuhan pengadaaan oleh pemerintah.

Mughira Nurhani, Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) berkunjung ke Dewan Pengurus Daerah (DPD PPGI) DIY untuk mendiskusikan upaya konsolidasi organisasi menjelang akan dilaksanakannya Kongres PPGI pada 9 Desember 2021 nanti.

Mughira yang juga menjabat CEO PT Intermasa ini bertemu dengan jajaran DPD PPGI DIY, antara lain Haryawan Emir Nuswantoro, Ketua DPD PPGI DIY yg didampingi Candra Rudi CEO Liana Sanjaya Abadi, Roni Sugiarto CEO Centra Grafinfo, Latief Baedhowi dan R. Syarif Tholib (penasehat).

Dalam kesempatan ini, Mughi diajak Ketua DPD PPGI DIY Emir mengunjungi percetakan milik persyarikatan Muhammadiyah, Gramasurya di kawasan Sonopakis Wetan, Ngestiharjo, Bantul.

“industri Grafika di DIY telah mengalami penurunan omzet secara drastis dikarenakan pandemi COVID-19 yg berakibat menurunnya APBN & APBD maka pengadaan oleh pemerintah dalam pekerjaan cetak sangat berkurang,” ujar Ketua DPD PPGI DIY, Emir.

Sementara itu menurut Mughi, percetakan di daerah harus tetap eksis dg cara merubah orientasi pasar & orientasi produk. Dicontohkan, misalnya percetakan mulai beralih ke produk kemasan bagi industri kuliner & snack oleh-oleh. (girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    WRC PAN RI DIY Tinjau Sungai Buntung Terkait Program Fraksi Gabungan DPRD DIY

    Bukan Dibubarkan, Tim Patroli Malam Akan Diperkuat, Dipasok 50 Motor