in

Pengusaha Aksesoris Batik Mendapat Predikat 20 Wanita Wirausaha Mahir Digital

Omah Aksesoris Batik. (Foto:Istimewa)

Jakarta | Dalam mengangkat warisan budaya Indonesia, Ninil Iriantono, Wanita kelahiran Jakarta ini termotivasi membuat aksesoris yang bermotifkan batik.

Berdasarkan motivasi tersebut tercetuslah ide untuk membuat suatu usaha bernamakan Omah Aksesoris Batik yang sudah dilakukannya sejak tahun 2012 dan mempunyai workshop di daerah Cinere, Depok.

Ninil Iriantono, pemilik Omah Aksesoris Batik. (foto:Istimewa)

Dalam proses pengenalan produknya ia seringkali mengikuti berbagai event bazaar seperti Pameran Inacraft, pameran di Kedutaan Indonesia di luar negeri hingga pengenalan melalui Departemen Perdagangan dan Ina Lac.

“Perkembangannya sangat baik dari tahun ketahun semakin berkembang dan mendapat sambutan yg sangat baik dari pencinta fashion etnik dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Wanita yang menempuh Pendidikan Design Interior, Universitas Trisakti Jakarta, kepada wartawan pinggirtembok.com pada Sabtu (30/10).

Namun seperti yang dialami oleh para pengusaha-pengusaha di Indonesia maupun manca negara, pandemi Covid 19 telah membuat omzet usahanya menurun, ia pun mengaku penurunan omzet hingga 50 persen. Meskipun situasi yang tidak menentu tersebut, Ninil berhasil pun melewati masa-masa tersebut.

Dalam event Wanwir Mahir Digital versi September 2021 yang diadakan oleh Wanita Wirausaha Femina. Di event tersebut ia menceritakan pengalamannya, bertemu dengan berbagai pengusaha UMKM dari seluruh Indonesia, mulai dari kaegori F&B hingga kriya craft.

Produknya pun termasuk dalam 20 Besar Produk Terpilih Milik Member Facebook “WanWir Mahir Digital” Edisi September 2021 pada kategori craft.

Pengusaha yang pernah bekerja sebagai Designer Interior di sebuah perusahaan nasional ini membeberkan, bahwa produk terlaris di Omah Aksesoris Batik ialah kalung dan Scraf. Harga produk ini pun berkisar Rp.100ribu hingga Rp.1juta.

Ia pun membuka outlet dibeberapa pusat perbelanjaan besar di Jakarta, seperti Metro Dept Store, Pondok Indah Mall, Gandaria City, Mall Taman Anggre dan Puri Indah Mall.

Omah Aksesoris Batik di Metro Dept Store PIM. (Foto/Istimewa)

“Harapannya semakin mendapatkan kepercayaan sehingga dpt membantu mengembangkan dan mengenalkan budaya indonesia dimancanegara,” tutup Ninil.

Untuk melihat koleksinya, dapat mengunjungi link Instagram Omah Aksesoris Batik (girbok/fdf)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Kapolda Metro Jaya Evaluasi 2 Tim Khusus Di Polres

    Reses III Jaring Aspirasi Masyarakat Oleg Yohan di Karangwaru Kidul