in

Hikmah Pandemi Covid Buat Diri Sendiri

REZI EKA PUTRA, S.E, Ak, M.Ak, CA Dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang. (Foto/IST)

Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 yang terjadi saat ini.

Akibat yang ditimbulkannya pun luar biasa, bukan hanya kematian, tetapi juga tatanan kehidupan umat manusia dalam berbagai aspeknya nyaris porak poranda: politik, ekonomi, sosial budaya, bahkan kegiatan keagamaan. Semua harus “ditata ulang” jika ingin “aman” dari virus berbahaya ini.

Ribuan orang kehilangan pekerjaan, ribuan pedagang kehilangan pelanggan, ribuan pengusaha kehilangan rekanan, ribuan karyawan harus dirumahkan. Yang miskin bertambah miskin, yang menderita tambah menderita. Jerit dan tangis kelaparan bergema di mana-mana.Wajah-wajah murung, lemah, tak berdaya, menghiasi kehidupan sebagian masyarakat dunia.

Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga terdapat berbagai hikmah yang bisa kita rasakan khusus buat diri sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas dampak positif pandemi covid ini buat diri sendiri. Beberapa hikmah/dampak positif yang bisa di ambil dari peristiwa ini sebagai berikut

Semakin meningkatkan ibadah, Meningkatnya kesadaran akan kemahakuasaan allah SWT dan sebagai bukti bahwa kita pribadi tidak ada yang patut untuk di sombongkan. Diri sendiri sebagai makhluk yang lemah dan semakin meningkatkan ibadah kepada allah SWT.

Meningkatkan Kesadaran, tentang kebersihanTuntutan besar dalam melawan virus covid ini adalah membiasakan hidup bersih. Sering mencuci tangan, menggunakan handsanitizer, menggunakan masker dan semakin sadar untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar rumah. melepaskan pakaian dan masukkan ke tempat cucian jika datang dari luar rumah, mandi apabila berinteraksi dengan orang lain di luar rumah, membersihkan alat-alat yang sering disentuh seperti HP, pegangan pintu, kunci, menyemprot barang-barang di rumah dan lingkungan dengan disinfektan, dll.

Membudayakan konsumsi makanan yang sehat, Perubahan pola makan juga menjadi hikmah dari covid ini. Kita sendiri selalu berupaya menjaga kesehatan agar terhindar dari virus ini. Jarang jajan dan sering masak sendiri dirumah menjadi pilihan terbaik di masa pandemi ini.

Kualitas waktu bersama keluarga, Dengan anjuran WFH (Work From Home), membuat diri kita selalu beraktivitas bekerja dari rumah. Kalau selama ini waktu kita sering dihabiskan di luar rumah, dengan pandemi ini memaksa kita untuk bekerja dirumah. Aktivitas dirumah ini membuat waktu bersama keluarga semakin banyak. 

Rutinitas olahraga, Dengan banyaknya waktu dirumah,sehingga bisa dioptimalkan untuk berolahraga. Selain untuk mengisi waktu tapi manfaat lain dari olahraga dimasa pandemi ini adalah untuk menyehatkan badan dan imunitas tetap sehat. Kesadaran akan olahraga meningkat jika dibandingkan sebelum pandemi ini.

Meningkatnya kepedulian terhadap sesama, Masa pandemi menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk saling peduli dengan orang lain. Membuka kesempatan diantara kita untuk saling membantu seperti memberikan sumbangan baik materil mau pun non materil. Orang-orang saling berlomba untuk membantu dan jika dibandingkan sebelum pandemi yang terkadang sering terabaikan.

Banyak ide-ide inovasi dan kreativitas, Kreativitas muncul di semua bidang: ekonomi, politik, pemerintahan, sosial budaya, pendidikan, kegiatan keagamaan, dan lain-lain. Kreativitas tersebut memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat karena dengan berbagai kreativitas itu, bukan hanya aktivitas kehidupan yang dapat berjalan, tetapi juga inovasi-inovasi baru bermunculan yang membuat dinamika kehidupan menjadi lebih variatif dan bermakna serta tentunya inovasi dan kreativitas itu lahir dari diri sendiri.

Penulis : REZI EKA PUTRA, S.E, Ak, M.Ak, CA

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Walkot dan Wawalkot Kota Depok Cuti, Pjs Dipegang Kepala Disdik Jawa Barat

    Disinfektan Ramah Lingkungan Di Ciptakan Yayasan Sahabat Ciliwung