in

KADIN & PEMDA DIY Adakan Vaksinasi Dosis Ke-2 Astra Zeneca, Target 30 Ribu Orang Lebih

Yogyakarta | Dalam upaya ikut berperan serta mengendalikan Covid-19 tersebut, kami telah melakukan vaksinasi massal di JEC pada tanggal 20-24 Juni 2021, dengan jumlah total tervaksinasi sebanyak 28.978 orang dari dunia usaha dan UMKM. Pelaksanaan vaksinasi pada bulan Juni itu juga telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan jumlah capaian sasaran tervaksinasi di DIY secara signifikan dengan rekor sasaran terbanyak mencapai total 47.000 orang tervaksinasi dalam satu hari. Efek penyelenggaraan vaksinasi yang ramah dan mudah pada bulan Juni lalu juga telah berkontribusi membentuk kesadaran kolektif akan pentingnya vaksinasi.

Masyarakat juga secara umum tidak lagi memiliki ketakutan dan keraguan untuk vaksinasi covid-19. Harapan kita bersama adalah segera terbentuknya kekebalan komunitas (herd immunity) sehingga sistem Kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta kembali berada pada daya dukung optimal untuk mengatasi dampak Pandemi Covid-19, sebagai prasyarat pemulihan ekonomi. Memasuki bulan Juli 2021 pada masa PPKM level 4 ini, KADIN bersama PEMDA DIY berkomitmen untuk melakukan percepatan Vaksinasi secara gratis bagi para pekerja dalam lingkup dunia usaha dan UMKM.

Program vaksinasi bagi Dunia Usaha dan UMKM pada bulan Juli lalu telah dilaksanakan pada tanggal 25-30 Juli 2021 dengan total target sasaran 20.000 orang. Dalam program percepatan vaksinasi ini juga telah disediakan 4 armada Micro Bus Mobile Vaksin berkolaborasi dengan PEMDA DIY melalui Dinas Koperasi dan UMKM DIY untuk lebih mendekatkan kelompok sasaran melalui akses yang lebih mudah dan terjangkau.

Kami membuka sentra vaksin dengan mengerahkan 2 armada Bus ke Gedung Kesenian Gabusan Bantul bagi UMKM & Masyarakat yang didukung oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Gotong royong penyelenggaraan vaksinasi ini, harapannya juga bisa menjangkau UMKM dan masyarakat di DIY lebih luas lagi khususnya bagi mereka yang mengalami kesulitan vaksinasi. Jumlah total tervaksin sejak tanggal 25-28 Juli 2021 untuk sektor industri sebanyak 10.073 orang akseptor dan untuk sektor UMKM 3.316 orang akseptor, sehingga toatal tervaksinasi sampai tanggal 28 Juli 2021 sebanyak 13.389 orang akseptor.

Selain itu kadin DIY juga telah menyelenggarakan vaksinasi untuk insan pariwisata pada tanggal 7 sampai 8 Agustus 2021 di telogo Putri, Kaliurang untuk 1000 insan pariwisata.

Kadin DIY didukung BPD DIY juga bekerjasama dengan UPN veteran Yogyakarta untuk menyelenggarakan vaksinasi mahasiswa UPN veteran Jogjakarta pada tanggal 21 Agustus 2021 dengan total sasaran 500 mahasiswa dengan vaksin Sinovac.

Dosis ke-2 Sinovac untuk mahasiswa UPN tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 19 September 2021 di auditorium UPN veteran Yogyakarta.

Total sasaran akseptor vaksin untuk Industri / Perusahaan dosis 1 Astra Zeneca pada bulan Juni 2021 sebanyak 117 perusahaan dan total perusahaan Industri pada dosis 2 bulan September ini sebanyak 119 perusahaan. Dalam laporannya, ketua program percepatan vaksinasi KADIN DIY, Tim. Apriyanto juga menyampaikan bahwa Total Akseptor di Auditorium UPN pada tanggal 20-24 September 2021 sebanyak 15.096 orang dan total akseptor karyawan yang divaksinasi di lokasi industri sebanyak 14.970 orang. Jumlah total yang menjadi sasaran vaksinasi dosis ke-2 ini sebanyak 30.066 orang.

Menandai penyuntikan dosis kedua astrazeneca untuk dunia usaha industri UMKM serta masyarakat umum pada hari ini tanggal 22 September 2021 telah dilakukan acara ceremony vaksinasi di auditorium UPN veteran Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri oleh GKR Mangkubumi selaku ketua umum kadin DIY yang didampingi oleh Bapak Robby Kusumaharta selaku Wakil Ketua Umum Kadin DIY bidang organisasi dan keanggotaan, dan juga Wakil Ketua Umum bidang Industri bapak Iwan S, serta beberapa jajaran pengurus KADIN DIY.

Hadir juga kepala dinas tenaga kerja DIY bapak Aria Nugrahadi, direktur utama BPD DIY bapak Santoso Rohmad, wakil rektor 2 UPN veteran Yogyakarta Prof. Singgih, perwakilan dinas kesehatan DIY, perwakilan dinas koperasi dan UMKM DIY.

Dalam kesempatan itu bapak Robby Kusumaharta berharap bahwa kolaborasi dan sinergi KADIN DIY beserta UPN veteran Yogyakarta bisa ditingkatkan untuk bersama-sama mengatasi pandemi covid 19 ini.

Para nakes yang mendukung pelaksanaan vaksinasi KADIN DIY ini berasal dari IDI DIY, PPNI, dan IBI DIY. Sementara untuk koordinator tim nakes untuk vaksinasi dilokasi industri adalah dokter Vallen yang didukung para nakes muda dari FKKMK UGM. (Girbok/HKDIY)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Peresmian Balai Budaya Panggungharjo, Warga Desa Berdaya

    Satgas TMMD Hadirkan Perpustakaan Keliling, Sarana Belajar Anak-anak