in

UMKM Pribumi Purbalingga Perdana Ekspor Kopi Robusta Ke Mesir

UMKM Pribumi Purbalingga ekspor perdana biji kopi robusta ke Mesir. (Foto/IST)

Purbalingga | Hari ini, Rabu 2 Maret 2022, UMKM pribumi Kabupaten Purbalingga memulai ekspor perdana biji kopi robusta ke Mesir. Biji kopi ini dari para petani berbagai kabupaten termasuk Purbalingga.

“Kopi yang diekspor dalam bentuk biji kopi mentah ini sebanyak 38,4 ton atau 2 muatan truk kontainer,” kata Ketua UMKM Pribumi Purbalingga Muhajirin usai peluncuran dan pelepasan ekspor perdana di Halaman Pendopo Dipokusumo, Rabu siang.

Mujahirin mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan kesepakatan (MoU) dengan importir dari Mesir dengan kuota 10-15 kontainer perbulan. Satu kontainer berisi sebanyak 19 ton kopi.

“Kami optimis bisa penuhi target, karena kita sudah kerja sama dengan petani kopi Purbalingga juga dari Temanggung,” ungkapnya.

Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Agus Winarno mengapresiasi dengan adanya ekspor perdana kopi robusta ini.

“Mudah-mudahan perdananya ini ada kelanjutannya sampai never ending,” katanya.

Menurutnya, pasar menjadi hal yang penting dalam bisnis. Karena sebagus apapun produk jika tidak bisa menjual maka tidak bisa diuangkan.

Lha ini dengan adanya ekspor, meski masih gabungan dari berbagai kabupaten kami berharap lama-lama akan didominasi oleh produk kita (Purbalingga).

“Berangkatnya dari Purbalingga dan pengusahanya juga dari Purbalingga sehingga petani Purbalingga yang diutamakan,” harapnya. (girbok/PR)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Tol Yogyakarta, Camat Bawen Harap Pembebasan Lahan Tidak Menimbulkan Masalah

    Inovasi Keren Mahasiswa Unair, Vespa Jadul Jadi Motor Listrik