in

Matahari Terbit dari Utara, Fenomena alam yang viral

Belum lama ini viral video yang menyatakan bahwa matahari terbit dari utara. Video amatir tersebut direkam dari Jeneponto, Sulawesi Selatan dan diunggah oleh seorang guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binanamu Jeneponto, Kamis (17/6).

Beberapa ahli menyatakan bahwa fenomena tersebut adalah hal yang wajar karena pergerakan posisi matahari akibat kemiringan sumbu rotasi bumi. Kejadian merupakan peristiwa terbit yang agak ke utara disebabkan gerak semu matahari.

Bila kita bisa mengingat kembali bahwa kejadian ini merupakan materi yang sudah diajarkan di bangku sekolah. Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di  BMKG, Daryono, lewat akun media sosialnya, Jumat 18 Juni 2021 menyatakan sedih karena peristiwa ini viral dan menyinggung-nyinggung kiamat segala.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami pun menyebutkan “Hanya pergerakan semu, tak betul-betul bergerak (matahari), hanya bumi yang bergerak,” Jumat, 18 Juni 2021 di kantornya. (sumber Tempo)

Begitu pula Kepala LAPAN Thomas Djamaludin mengatakan fenomena itu merupakan hal wajar. Dia menerangkan pergerakan semua posisi matahari itu akibat kemiringan sumbu rotasi Bumi.

Nah, apabila ini merupakan fenomena wajar yang terjadi, apakah teman-teman masih mengingat pelajarannya waktu sekolah dulu?

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Dai Kondang, Aa Gym Dinyatakan Positif Covid 19

    Mengenal Komunitas Solidaritas Forum Anti Riba (Safar)