in

Mengenal Komunitas Solidaritas Forum Anti Riba (Safar)

Depok – Bagi sebagian kalangan masyarakat saat ini sudah memahami apa itu RIBA. Bahkan saat ini banyak pula komunitas-komunitas Anti Riba di Indonesia.

RIBA sendiri dalam arti bahasa berarti penambahan. Sedangkan dalam syariat adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan presentase dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminja

Riba sendiri dalam agama pun sudah berstatus haram, hal itu bisa kita baca dalam Al Quran surat Al Baqarah 275-276.

Namun bagi sebagian orang pun kadang masih ada yang keliru dalam memahaminya misalnya orang yang berhutang itu pasti adalah RIBA. Pada kenyataannya Hutang dan Riba itu adalah makna yang berbeda.

Kami menemui salah satu Pendiri komunitas Anti Riba di Depok yang dinamakan Solidaritas Forum Anti Riba yaitu Ratno Handoko, biasa disebut abah Ratno. Beliau menyatakan prihatin karena masih banyak masyarakat yang masih terjerumus kepada riba karena minimnya ilmu tentang Riba.

Solidaritas Forum Anti Riba atau Safar dibentuk pada November 2020 yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mengenal Riba lebih jauh. Abah Ratno pun membeberkan kiat-kiat untuk lepas dari Riba yaitu dengan bertobat, memperbaiki ibadah serta melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh agama.

Kita diminta untuk tidak khawatir akan rejeki yang sudah diberikan Allah hanya saja kita harus berikhtiar sesuai dengan yang diperintahkan Allah.

Dalam kegiatan edukasinya, saat ini dibentuk grup whatsapp khusus yang terdiri dari beberapa admin yang mempunyai kepahamanan ilmu tentang RIBA. Tidak sedikit masyarakat yang tertarik gabung untuk memahami lebih jauh tentang riba dan bagaimana untuk menghindarinya.

Masyarakat yang bergabung pun dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Majalengka, Jogja, Lampung Padang, Kalimantan, Bali dan daerah lainnya.

Safar pun mempunyai misi untuk membentuk pribadi-pribadi yang taat kepada Allah serta menjalin ukhuwah islamiyah yang bersama-sama hidup tanpa Riba.

Berbagai kegiatan selain edukasi riba dilakukan seperti menjalankan syirkah, sedekah sarapan pagi tiap jumat serta pendampingan dan bimbingan hukum perdata terkait permasalahan riba serta program lainnya

Teman-teman Girbok yang ingin lepas dari Riba dapat mengunjungi fanpage Safar di Facebook dengan mengklik tautan ini Solidaritas Forum Anti Riba dan meminta gabung ke grup whatsapp untuk mendapatkan edukasi lebih jauh lagi tentang bagaimana lepas dari Riba. Atau berdiskusi melalui Grup Facebook di link ini

Abah Ratno pun berpesan sebagaimana yang dituliskan didalam Al Quran, “Tinggalkan RIBA atau Perang dengan Allah”

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Matahari Terbit dari Utara, Fenomena alam yang viral

    Dari Digital Marketer berubah profesi sebagai Pengusaha Laundry