in

Lima Tahun Pergerakan, SiJum Kota Depok Perkenalkan Warung Makan Gratis

Tim SiJum Kota Depok. (Foto:Humairoh)

Depok | Yayasan Nasi Jumat merupakan sebuah gerakan komunitas yang bergerak secara kedaerahan namun dengan visi nasional. Gerakan Nasi Jumat (SiJum) ini pun telah berdiri sejak lima tahun lalu pada tanggal 2 September 2016.

Tersebar di 180 kota dengan jumlah sebanyak 480 dapur operasional termasuk Kota Depok, SiJum bergerak untuk umat dengan menyediakan makanan.

Humairoh, Koordinator SiJum Kota Depok mengatakan gerakan di wilayahnya sama seperti SiJum pusat yang sudah berjalan selama lima tahun dengan anggota sebanyak 100 orang dan 11 dapur operasional.

Berbagai kegiatan SiJum Depok selain melayani berbagi nasi jumat juga membantu pasien yang terkendala dengan BPJS, berbagi sembako dan kegiatan spontan lainnya untuk membantu masyarakat.

“Kegiatan lainnya yang sifatnya sudah terplanning seperti santunan yatim, sunatan massal dan lainnya,” ujar Humairoh yang akrab dipanggil Bunda Mira saat dihubungi melalui telepon, Kamis (7/10).

Salah satu program yang merupakan misi dari Yayasan Nasi Jumat yaitu Warung Makan Gratis pun dijalankan oleh SiJum Kota Depok.

Warung Makan Gratis Depok saat ini berpusat di Juanda serta daerah lainnya seperti di Beji dan Pancoran Mas.

“Insyaa Allah, di setiap kecamatan saya ingin adanya warung makan-warung makan gratis SiJum, agar tidak ada lagi warga yang kelaparan,” ujar bunda Mira.

Keinginannya ini tercetus dikarenakan pihaknya selalu menemui permasalahan di lapangan yang berkaitan dengan kelaparan. Warung Makan Gratis ini juga diharapkan menjadi prasasti untuk SiJum Depok dalam melayani umat dan semoga banyak warga Depok yang terbantu.

Selain itu, ia juga berharap banyak pejabat yang dapat membersamai gerakan ini dikarenakan peruntukannya untuk umat.

Untuk operasional Warung Makan Gratis Depok sendiri, mulai dari hari Senin hingga Jumat pukul 12.00 sampai sore.

Mengenai pendanaan Warung Makan Gratis, saat ini kebanyakan dari donatur dan para relawan. Namun bila teman baik lainnya ingin ikut membantu dapat menyalurkan donasinya melalui rekening BCA 7150975799 atas nama Humairoh atau dapat menghubungi ke nomor 0855-1728-848

“Semoga semakin banyak orang baik yang mau membersamai program Warung Makan Gratis ini, karena program ini dibuat untuk kemaslahatan umat, dan semoga banyak mau turut berpartisipasi, yang mau berdonasi juga agar program ini tetap berjalan dan tetap istiqomah,” tutupnya. (Girbok/FDF)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Deklarasi Pemuda Kampung Jogjakarta, Sosok Tokoh Inilah Yang Menjadi Pelopornya

    Pengawasan Program Pemerintah, DPRD Kota Jogja Berkolaborasi Dengan Masyarakat Indonesia Maju