in

Jogja Coffee Week #2, Yogyakarta Menjadi Salah Satu Representatif Peta Kopi Dunia

Indonesia Coffee Showcase 2022

Yogyakarta | Kopi sebagai komoditi yang menunjang banyak kehidupan para petani di Indonesia, dalam satu dasawarsa terakhir ini mengalami dinamika yang signifikan. Pola konsumsi dan peminatan produk kopi beserta turunannya mengalami tumbuh kembang yang luar biasa. Bahkan di tengah krisis pandemi global, aneka produk kopi tetap bertahan bahkan terus melakukan pergerakan ekonomi dan pengembangan di tingkat hilir dan perdagangannya.

Dengan dukungan teknologi informasi dan kemudahan pola transaksi hari ini, aneka produk kopi tetap mendapat tempat dan terus mengisi kesehanan para pecinta kopi di manapun berada. Informasi yang bergerak cepat, terbukti membentuk gaya hidup dan memunculkan kebutuhan untuk ‘ngopi’. Adaptasi di masa pandemi , membuka jalan tren kedai kopi terbuka (open-space coffee shop), produk Coffee-RTD (Ready To Drink, botolan/kalengan), serta minuman kopi-campuran (Mixology) hingga bertumbuhnya para home-brewer’ yang semakin marak dan terus bermunculan dari banyak kota dan digerakkan oleh para pelaku ekonomi usia muda. Di ranah hulu, terus memunculkan petani muda yang giat berkebun kopi. Merk-merk lokal produk dan jasa bidang perkopian juga sangat progresif mengembangkan brand kewaralabaan hingga tingkat nasional bahkan global.

Melalui Jogja Coffee Week #2 : “Indonesia Coffee Showcase”, yang akan dihelat di Jogja Expo Centre (JEC) pada tanggal 2-6 September 2022, diharapkan dapat berperan serta lebih jauh dalam momentum baik ini, untuk perkembangan industri kopi di tanah air.

Tidak hanya sebagai ajang ‘ketemuan’ para pelaku perdagangan kopi, acara ini juga menjadi rintisan pelaku komoditi kopi dari tingkat hulu sampai tingkat hilir, hingga pelaku usaha produk/jasa turunannya. Aneka kegiatan dihadirkan. mulai dari pameran produk hasil tani, uji citarasa kopi, lelang komoditi kopi, coffee business-matching, aneka lomba kreatif, hingga kelas/workshop perkopian selama berlangsungnya acara.

Jogja Coffee Week #2 : “Indonesia Coffee Showcase 2022 ini diharapkan dapat lebih menunjukkan ‘wajah perkopian Indonesia’ dan di tahun-tahun mendatang menjadi salah satu barometer industri kopi dunia.

Ketua Panitia Jogja Coffee Week #2, Rahadi Sapta Abra, S.Si, MBA. dalam sambutan tertulisnya, tujuan diselenggarakannya event ini oleh Medialink dan Komunitas Kopi Nusantara yang didukung penuh oleh Kadin DIY dan JEC adalah untk mengembangkan usaha kopi skala petani, UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar pemilik merek-merek terkenal dengan segala turunannya baik dari sisi hulu, tengah dan puncaknya di sisi hilir dimana saat ini sedang bertumbuh pesat di Indonesia. Pameran ini selain untuk membantu percepatan ekonomi di dalam negeri juga diharapkan untuk memacu pertumbuhan ekspor kopi Indonesia ke luar negeri yang pasarnya besar dan terus bertumbuh. Maka penting sekali diadakannya kegiatan ini untuk menguatkan dan menjaga dinamika ekosistem bisnisnya, juga meningkatkan komoditas kopi dengan tata cara sistem B to B maupun C to C.

GKR Mangkubumi, selaku Ketua KADIN DIY dalam keterangannya menyebutkan, saat ini banyak kedai kopi yang menawarkan pendekatan one stop shopping, sehingga pengunjung dapat dengan cepat mendapatkan apa yang diinginkan di satu tempat. Yogyakarta sendiri memiliki banyak kedai dan kafe yang menjual kopi. Bisnis di Yogyakarta menciptakan potensi ekonomi yang signifikan.

Ia menyebutkkan lebih dari 1.200 kedai kopi di wilayah Yogyakarta yang berpotensi pendapatan mencapai RP. 360 Miliar per tahun. Tak hanya itu, Wilayah Yogyakarta memiliki banyak tempat yang bagus untuk berfoto yang instagramable, tempat yang nyaman bersama teman dan kafe yang menawarkan hiburan untuk remaja dan anak muda.

Perlu diketahui, kopi Indonesia, yaitu kopi yang dibudidayakan dan diekspor dari Indonesia, mencapai produksi sebanyak 774,600 ton dan untuk ekspor sebanyak 380,170 ton pada tahun 2021, sehingga menempati peringkat keempat terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Dengan potensi yang besar ini dan dalam upaya melakukan percepatan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta pasca pandemi Covid 19, Kadin Daerah Istimewa Yogyakarta ikut menginisiasi Jogja Coffe Week #2 dengan tema “Indonesia Coffe Showcase”.

Ketua Kadin DIY pun berharap kepada seluruh pimpinan mitra KADIN Daerah Istimewa Yogyakarta ikut dapat membantu dan mendukung kegiatan jogja Coffe Week #2 tahun 2022 ini. (girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    SWID Melakukan IPO

    Indonesia Jadi Tuan Rumah JCI Asia Pasific Conference 2023, Momentum Kebangkitan Ekonomi Nasional