in ,

Wakili Kota Depok Di Lomba Propinsi Jawa Barat, Posyandu Aster RW 06 Andalkan Sembilan Inovasi

pinggirtembok.com | Terpilih sebagai wakil Kota Depok di Lomba TP-PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar), Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis optimistis mampu meraih juara terbaik. Berbagai inovasi pun telah diciptakan dan dilaksanakan.

“Kami sudah ekspose semua inovasi yang dimiliki Posyandu Aster, Alhamdulillah berjalan lancar dan diapresiasi tim Re-checking Provinsi Jabar,” kata Ketua Posyandu Aster, Qibtiyah kepada pinggirtembko.com saat ditemui usai lomba.

Dijelaskannya, terdapat sembilan inovasi yang dimiliki Posyandu Aster di antaranya, Gerakan Masyarakat Peduli Balita (Gempita) yaitu menekankan pemberian ASI eksklusif kepada anak-anak. Lalu, program remaja peduli lingkungan yang emang oke (Rempeyek). Program ini memberdayakan PIK-R untuk menjaga lingkungan agar tetap nyaman, terutama di masa pandemi Covid-19.

Program lainnya, lanjut Qibtiyah, yaitu Gerakan Kita Semua Sayang Lansia (Gisela) dengan memberikan bantuan donasi dan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia di wilayah tersebut.

Kemudian, Gerakan Mengelola Limbah dan Sampah (Gelisah) yaitu dengan mengolah limbah minyak jelantah menjadi produk yang bernilai jual.

Selanjutnya, inovasi lain dari UP2K yaitu Keluarga Kreatif Menambah Penghasilan (Krempeng). Dengan mengajak warga membuat kerajinan tangan dan memperkaya potensi untuk mendorong pendapatan keluarga.

“Ada Gerakan Menanam Obat Keluarga (Gerobag). Lewat gerakan ini,  setiap rumah diimbau menanam lima macam tanaman obat,” jelasnya. Qibtiyah melanjutkan, pihaknya juga membuat program untuk anak-anak menghindari konsumsi narkoba atau yang disingkat Anasuba. 

Disamping itu, Posyandu Aster rutin juga mengecek jentik nyamuk melalui Program Satu Rumah Satu Jumantik (Sutarman).

Terakhir, imbuhnya, adalah gerakan semua ibu bercocok tanam  atau Gesit plus. Dengan berbagai macam inovasi ini, diharapkan dapat membawa nilai tambah dihadapan tim penilai.

“Semua yang kami lakukan sudah sebaik mungkin. Intinya kami bekerja dengan senang hati dan ikhlas, tujuannya untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat RW 06,” tandasnya. (RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa D3 Universitas Pamulang Kolaborasi Dengan DKM

    Wifi Gratis di Kabupaten Bogor, Masyarakat Makin Terbantu