in

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa D3 Universitas Pamulang Kolaborasi Dengan DKM

pinggirtembok.com | Mahasiswa/i  merupakan bagian dari masyarakat, sudah selayaknya peduli dengan kondisi sekitar dan keadaan lingkungannya penerapan pembelajaran yang didapat dari kampus harus diimplementasikan dalam kehidupan dan masyarakat sebagai bukti dari apa yang diperoleh.

Ilham Firmansyah Mahasiswa D3-Akuntansi Universitas Pamulang, sebagai ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  mengatakan kepada awak media beberapa waktu lalu beberapa mahasiswa Universitas Pamulang dari Prodi Akuntansi D3 melaksanakan kegiatan  PKM, sebagai salah satu perwujudan dari keilmuan yang dimiliki, Kamis (12/11/20).

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM)  ini dilaksanakan pada Tanggal 7 November 2020 meskipun dalam pelaksanaanya mengacu dengan konsep pendampingan secara berkelanjutan tidak terbatas dengan waktu tersebut

Dalam kegiatan PKM, dipilih tempat  beribadah Masjid AL- Ihsan berlokasi di jalan Pesanggrahan Indah No.1, RT.11/RW.5, Pesanggrahan, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan dengan Ketua DKM Mahmud, Imam Masjid Ustad Mochtar, Pengurus Harian H. Sumardi.

Dengan kondisi yang masih dalam masa pandemi COVID-19 maka pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan secara online ( Daring) dengan peserta pengurus Masjid.

Ilham menerangkan kepada awak media bahwa pelaksanaan ini merupakan bentuk pelaksanaan penerapan keilmuan yang dimiliki sebagai akademisi untuk memberikan sosialisasi tentang laporan keuangan masjid dengan rutinitas transaksinya bagi pengurus masjid.

“Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan pemaparan awal mengenai pengenalan singkat laporan keuangan, pembahasan contoh transaksi keuangan yang rutin terjadi serta berdiskusi tentang kendala-kendala yang dialami.” Ungkap Ilham.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al- Ihsan Mahmud memberikan tanggapan bahwa kegiatan ini sangat membantu suatu bentuk usaha peningkatan sumber daya manusia bagi pengurus yang secara rutin dilakukan terutama laporan keuangan beserta bukti-bukti transaksi sebagai pendukungnya.

Dirinya juga menegaskan sangat berterimaksih kepada Universita Pamulang ( UMPAM), Prodi Akuntansi D3 yang bersedia berkolaborasi dengan pengurus Masjid Al-Ihsan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

“Dimasa Pandemi Covid-19, sangat membantu sekali  dalam pelaporan dana pemasukan dan pengeluaran rutin yang dapat di sosialisasikan kepada jamaah Masjid, terutama bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Mahmud.

Tim PKM D3-Akuntansi Universitas Pamulang, Ilham mengatakan akan terus membantu memberikan pendampingan dan juga pelatihan berkelanjutan dimana tempat ibadah lainnya untuk penyusunan laporan  keuangan serta menyampaikan sosialisasi protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19. (RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Relawan Wanita Tangguh Asal Sukabumi dari Bencana ke Bencana

    Wakili Kota Depok Di Lomba Propinsi Jawa Barat, Posyandu Aster RW 06 Andalkan Sembilan Inovasi