in

Komunitas Rimbun Gelar PTM, Memberi Semangat Arti Sumpah Pemuda

Depok | Dalam rangka memberikan semangat arti sumpah pemuda kepada anak-anak melalui literasi lingkungn, Komunitas Rimbun menggelar PTM pada pertemuan ke dua di hari Minggu, 31 Oktober 2021 lalu.

“Pemuda hari ini adalah cerminan masa depan bangsa sehingga bekal yang utama kami berikan adalah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kelestarian alam,” Ujar Zubair, Founder Komunitas Rimbun.

Kegiatan PTM seru bersama rimbun ini pun selalu di awali dengan pembekalan nilai-nilai ke islaman seperti memulai dengan berwudhu terlebih dahulu, setelah itu mengulang hafalan Al Quran serta mempelajari arti iman dan islam sebagai anak-anak sholeh / sholeha Indonesia.

Setelah pembekalan keislaman kegiatan dilanjutkan dengan memaknai arti pentingnya menjaga kebersihan dengan kegiatan mengambil sampah plastik yang ada di sepanjang jalan H Maing, kampung kekupu.

Selepas aksi kegiatan memungut sampah, anak-anak belajar tentang 3R bersama bunda-bunda komunitas RKI ( Rumah Keluarga Indonesia ), mulai dari pemilahan sampah hingga nilai ekonomi yang ada pada sampah.

Pesan Bunda Ningsi selaku perwakilan RKI kepada anak-anak kampung kekupu yang belajar PTM bersama Rimbun agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak lupa Bunda Ningsi mengajak anak-anak untuk mulai menggiatkan diri menabung di bank sampah yang ada di keluarahan pasir putih.

Dengan hadirnya Mobil Pusling ( mobil Perpustakaan keliling ) kota depok menambah semangat belajar anak-anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan, hal ini adalah bentuk support kadis perpustakaan kota depok dalam meningkatkan literasi anak-anak di kegiatan Rimbun.

Dalam rangkaian kegiatan penutup anak-anak belajar banyak hal di kebun Nara Kupu village yang berada di kampung kekupu tempat dimana anak-anak tinggal. Mulai mengenal ragam sayur mayur yang ada di kebun nara kupu village dan aneka satwa yang ada, seperti Rusa, Angsa, kura, ikan dan lainya.

Mas Yosep selaku penanggung Jawab Kebun Nara Kupu Village merasa senang dengan hadirnya anak-anak kampung kekupu yang berada di sekitar mau belajar dan mengenal akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Kegiatan PTM seru bersama Rimbun tentunya menjadi sesuatu yang dinanti oleh anak-anak kampung kekupu, sehingga anak-anak memiliki banyak pengalaman seru dalam belajar.

Tak lupa Rimbun mengucapkan banyak terimakasih kepada para donator dan komunitas sedekah Jumat (SMART) Bunda Widya yang juga turut hadir mensuport kegiatan PTM seru Rimbun pada hari ini.

Semoga di kegiatan PTM seru Rimbun berikutnya dapat berjalan kembali dan membawa pengetahuan lebih banyak untuk anak-anak kampung kekupu.
Bersama kita wujudkan generasi yang lebih baik dengan menghadirkan ruang tumbuh kembang anak di kota depok. (Girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    MIM Ziarah Kubur Tjokroaminoto, Emir : Sang Guru Bangsa Yang Dilupakan

    Wakil Gubernur DIY Menerima Audiensi Panitia JFFE 2021