in

Terong Albino Prospek Baru Yang Menjanjikan Bagi Petani Sayuran

pinggirtembok.com | Pada umumnya terong yang beredar di pasaran berwarna ungu dan hijau, tapi kali ini ada lagi varian baru dari terong yang berwarna putih atau kata lainnya terong albino.

DI Gg Masjid, Sawangan, Kota Depok terdapat petani yang membudidayakan terong unik ini. Sesuai dengan namanya, terong ini berwarna putih dengan bentuk silinder, selain kulit, dagingnya pun berwarna putih dengan biji kecil seperti terong pada umumnya serta mempunyai panjang sekitar 10-20 cm.

Ridwan Baily pemilik tanaman terong Albino mengatakan kepada pinggirtembok.com, awalnya ia menanam hanya sebagai hiasan saja di halaman rumahnya karena situasi yang sedang pandemi dan WFH. Ketika berbuah pun hasilnya cukup bagus dan unik dengan warna putihnya, Jum’at 29/08/2020.

Karena hasilnya cukup bagus ia pun menanam lebih banyak, hingga pada musim panas seperti sekarang ini, terong albino berbuah dengan banyak sekali. Dari hasil tersebut kebanyakan di konsumsi sendiri atau diberikan kepada tetangga dekat rumahnya.

“Harga terong putih cukup tinggi perkilonya dipasaran. Selain itu lebih sedikit menyerap minyak saat dimasak, karenanya terong putih ini lebih menyehatkan, untuk cara terbaik dalam mengolah terong putih ini adalah dengan memanggangnya” Ucap Ridwan.

Ridwan juga menjelaskan terong putih adalah salah satu jenis sayuran yang merupakan varietas baru dari jenis terong-terongan. Memang masih asing, namun terong putih ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia  memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya diantaranya, vitamin K, vitamin E, niacin, tiamin, folat, ribloflavin, nasunin, striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon.

“Tidak hanya itu, terong putih juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.” Pungkasnya.

Ditengah kesibukannya berkerja iapun mempunyai rencana untuk membudidayakan terong tersebut tak hanya hanya sebagai hiasan halaman rumahnya lagi, tetapi ingin menjadikan budidaya pertanian terong putih (Albino) dengan memanfaatkan perkebunan yang di milikinya di daerah sawangan karena prospeknya cukup bagus. ( RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Guppy Si Mungil Berwarna Warni Yang Mempunyai Harga Tinggi

    Laga Persahabatan Ireta FC Menjelang Turnamen Sepakbola di Kota Depok