in

Karya Seni Paralon Unik Bergambar Tokoh Pewayangan

pinggirtembok.com | Berdasarkan sejarah yang ada, asal usul wayang dianggap telah hadir semenjak 1500 tahun sebelum Masehi. Wayang lahir dari para cendikia nenek moyang suku Jawa di masa silam.

Pada masa itu, wayang diperkirakan hanya terbuat dari rerumputan yang diikat sehingga bentuknya masih sangat sederhana. Wayang dimainkan dalam ritual pemujaan roh nenek moyang dan dalam upacara-upacara adat Jawa.

Pada periode selanjutnya, penggunaan bahan-bahan lain seperti kulit binatang buruan atau kulit kayu mulai dikenal dalam pembuatan wayang. Adapun wayang kulit tertua yang pernah ditemukan diperkirakan berasal dari abad ke 2 Masehi.

Tokoh pewayangan yang biasa di buat dari kulit binatang atau kulit kayu, kali ini terbuat dari pipa paralon yang dibuat oleh Sanggar Karya Seni Muda Taruna  (SANGKAR SEMUT ,di Kampung Bojong  RT 01RW 20 Kelurahan Baktijaya, Kota Depok,Jawa Barat, Sabtu (03/10/2020).

Junaidi Sofyan yang merupakan mentor dalam membuat seni kreatif paralon kali ini membuat dua karya kreasi pipa paralon yang bergambar tokoh pewayangan sebagai hiasan lampu.

“Untuk membuat satu buah hiasan di butuhkan waktu 3-4 hari, karena harus benar- benar memahami karekternya, karena Wayang ada merupan Budaya yang sudah di akui di seluruh dunia Internasional ” ucap Junaidi.

Junaidi sangat berharap, ketertarikan anak muda akan salah satu kesenian tradisional indonesia wayang juga seni budaya indonesia. (RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Produksi 17, Produsen Kaos Asal Depok Yang Hits

    Mengenal Ragam Budaya Betawi