in

Nasi Blawong, Makanan Bangsawan di Keraton Yogyakarta

Nasi Blawong. (Foto:Istimewa)

Yogyakarta | Kota Yogyakarta memang merupakan surganya kuliner, mempunyai tempat wisata yang menarik dan menyimpan sejuta kenangan lainnya.

Salah satu kuliner yang khas di Kota Gudeg ini adalah sego blawong alias nasi blawong.

Dahulu nasi blawong ini merupakan menu yang hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan saja. Bahkan, makanan ini hanya disajikan ketika acara ulang tahun Sultan Hamengkubuwono atau memperingati momen sakral lainnya.

Namun seiring berubahnya zaman, semua kalangan kini dapat menikmati nasi blawong. Siapapun bisa merasakan kudapan ala bangsawan keraton Yogyakarta ini.

Nasi blawong mempunyai penampilan yang unik, nasinya yang berwarna merah bukan beras merah, melainkan beras putih yang dimasak dengan rempah-rempah.

Biasanya, nasi blawong disajikan dengan beragam lauk pauk. Seperti lombok kethok alias daging sapi yang dibumbu kecap dan cabai, ayam goreng, bacem, serta telur pindang.

Konon katanya, asal muasal makanan ini disebut nasi blawong karena cara penyajiannya. Nasinya dihidangkan di atas piring berwarna biru, yang dalam bahasa Belanda adalah ‘blauw’, sehingga melalui lidah orang Jawa berubah menjadi blawong.

Salah satu restoran yang menjayikan menu nasi blawong ini adalah Gadri Resto di Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Sumber. Okezone

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Ketua Satgas Waspada Investasi Diteror Pinjol Ilegal

    Pemuda Dari Bogor Keliling Indonesia Dengan Bersepeda, Kampanye Menanam Pohon