in

Progres Pengembangan 5G di Indonesia

Beberapa negara sudah menerapkan jaringan internet generasi kelima alias 5G. Jepang dan Tiongkok bahkan bersiap mengadopsi 6G. Di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate mengatakan, pemerintah sudah menguji coba teknologi ini.

“Uji coba itu terkait pmembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, operasi jarak jauh, internet of things (IoT) untuk kota pintar (smart city) dan kendaraan otonom saat Asian Games 2018,” ujar Johnny dalam acara International Virtual Conference: Indonesia 5G Roadmap and Digital Transformation’, Kamis (10/12).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Widodo Muktiyo mengatakan realisasi 5G harus dilakukan secara bertahap.

“Transformasi dari 4G ke 5G membutuhkan sumber daya atau lompatan yang sangat tinggi,” ujar Widodo dalam acara virtual, Kamis (17/12).

Widodo menuturkan pita frekuensi jaringan telekomunikasi saat ini bergerak pada 450 MHz, 800 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, hingga 2,1/2,3/5 GHz. Dia berharap beberapa pita frekuensi itu bisa digunakan untuk 5G.

“Dimulai tahun 2021, beberapa layer atau pita frekuensi akan diperuntukkan untuk 5G,” ujarnya.

Widodo menambahkan jaringan fiber optik di Indonesia sudah sepanjang 348.442 kilometer. Fiber optik itu berada di darat dan laut.

“Namun itu masih belum cukup. Masih ada daerah-daerah yang harus kita penuhi,” ujar Widodo.

Berdasarkan data 12 ribu lebih desa/ kelurahan belum terjangkau jaringan 4G. Selain itu, sekitar 150 ribu titik layanan publik belum memiliki akses internet yang memadai.

Rinciannya, 9.113 desa masuk wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), sementara 3.435 lainnya di luar daerah itu. (FDF)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Komitmen Pemerintah Percepat Transformasi Digital di 10 Sektor

    Dai Kondang, Aa Gym Dinyatakan Positif Covid 19