in

Pohon Sumber Aset Berharga, Pemkot Depok Himbau Warga Agar Tidak Tebang Sembarangan

Satgas DLHK Kota Depok saat melakukan pendataan pohon di Jalan Merdeka, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. (Foto : istimewa)

Depok | Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok saat ini tengah mendata semua jenis dan kondisi pohon se-Kota Depok. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pohon yang sehat dan rawan tumbang.

“Ya, kami sedang melakukan pendataan pohon se-Kota Depok. Pendataan sudah berjalan satu pekan ini,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi, DLHK Kota Depok Indra Kusuma, Selasa (05/10/21).

Dikatakannya, pihaknya melibatkan 150 petugas taman untuk melakukan pendataan. Rencananya, kegiatan ini dilakukan selama satu bulan.

“Targetnya satu bulan. Nanti akan kami evaluasi untuk tindaklanjutnya seperti apa,” terangnya.

Indra menyebut, pemetaan pohon dilakukan pada semua ruas jalan. Adapun, lokasi pohon yang telah dipetakan berada di Jalan Raya Bogor, Margonda, Juanda, Merdeka, Sawangan, Cinere  dan lain-lain.

“Yang kami petakan yaitu jumlah dan kondisi, kemudian di foto. Saat ini masih sistem manual. Kami berharap tahun depan sudah bisa dipetakan dengan sistem digital,” tutupnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok Himbau Tidak Tebang Sembarangan

Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk tidak menebang pohon secara sembarangan. Pasalnya, pohon merupakan sumber oksigen yang harus dilestarikan.

“Belakangan ini banyak masyarakat yang menebang pohon. Lantaran, takut terjadi puting beliung yang mengakibatkan pohon tumbang. Padahal, pohon bisa dirampingkan, tidak harus ditebang sampai akar,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma, Selasa (05/10/21).

Dikatakannya, pohon merupakan sumber aset yang harus dijaga. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat tidak menebang pohon sembarangan.

“Saat kasus pandemi tinggi, semua orang membutuhkan oksigen. Jangan sampai, pohon habis dan merugikan kita semua. Hidup itu harus seimbang,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan keberadaan pohon di Kota Depok. Utamanya yang berada di ruas jalan.

“Saat ini sedang kami data, berapa jumlahnya dan bagaimana kondisinya. Nantinya akan kami evaluasi untuk kami tindaklanjuti ke depannya apa yang harus dilakukan. Yang jelas kami meminta masyarakat tidak menebang pohon,” tutupnya. (Humas Pemkot Depok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Selain Pabrik Obat Ilegal Di Yogyakarta, Diduga Tempat Pencucian Uang

    Bogor Aquatic Center, Surga Bagi Para Pecinta Ikan Hias di Kota Bogor