in

Ziarah Makam Raja – Imogiri Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro

Yogyakarta | Telah menjadi kebiasaan menjelang tibanya Bulan Suci Ramadhan, masyarakat di Indonesia pada umumnya dan Jawa pada khususnya, secara turun temurun melaksanakan tradisi ziarah ke makam orang tua/leluhur. Dalam persepsi masyarakat Jawa, kebiasaan ini disebut dengan “Nyadran”.

Tradisi Nyadran biasanya diadakan pada Bulan Ruwah menurut kalender Jawa atau Bulan Sya’ban dalam penanggalan Hijriah. Nyadran dilaksanakan tidak sebatas untuk berziarah ke makam orang tua/leluhur, namun dalam momentum ini digunakan juga untuk acara berkumpul, berbagi kepada sesama serta mempererat silaturahmi di internal keluarga/trah (keluarga besar) atau warga sekitar.

Sri Sultan Hamengku Buwono III (Ayahanda BPH Diponegoro). (foto IST)

Bertepatan dengan Hari Ahad Kliwon, Tanggal 16 Ruwah 1955 Ja/ 17 Sya’ban 1443 H atau 20 Maret 2022, Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi) Insya Allah akan menyelenggarakan Ziarah ke Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri yang terkait dengan sejarah Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Diponegoro, diantaranya makam Sri Sultan Hamengku Buwono III (ayahanda BPH Diponegoro), R.Ay. Mangkorowati (ibunda BPH Diponegoro), R.Ay. Diponegoro/R.Ay. Maduretno (istri BPH Diponegoro), Sri Sultan Hamengku Buwono I, GKR Tegalrejo (permaisuri HB I) dan Sultan Agung Hanyakrakusumo.

R. Dwi Akseptoro TY, Amd IP, ST (Yuki) selaku Ketua Panitia Acara/Ketua Bidang Keanggotaan & Silsilah Patra Padi menyampaikan bahwa acara ziarah ini merupakan realisasi dari salah satu program kerja Bidang Keanggotaan & Silsilah, dengan tujuan untuk mendoakan, mengenang jasa serta melestarikan nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan para leluhur Wangsa Mataram – Ngayogyokarto Hadiningrat.

Lebih lanjut, Yuki menjelaskan bahwa sebanyak 54 peserta yang terdiri dari 26 peserta putra dan 28 peserta putri, akan berangkat dari titik kumpul Monumen Diponegoro, Ndalem Tegalrejo, Yogyakarta pada Pukul 08.00 WIB, menuju Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Sebagai informasi, Acara ini akan dihadiri oleh Anggota Dewan Pertimbangan Patra Padi, RM. Suryoputro, Ketua Umum Patra Padi R. Rahadi Saptata Abra, S.Si, MBA, Bendahara Umum R.Ngt. Puri Wangi Hanindyari, SIP, Ketua Bidang Usaha Dana R. Ir. Danang Wibowo, Ketua Bidang Seni budaya & Sosial Kemasyarakatan R. Ir. Masda Siwi Haryanto, Ketua Bidang Kajian Sejarah & Pendidikan Masjidi, S.Ag, MA, beserta jajaran pengurus dan anggota lainnya.

Dengan melihat antusiasme dari peserta yang ikut, diharapkan acara ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya dan semoga acara ziarah ini dapat meningkatkan rasa guyup rukun kerabat Trah BPH Diponegoro bin Sri Sultan HB III serta dapat berkontribusi dalam pelestarian budaya serta adat tradisi Jawa. (girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Manfaatkan DEWG G20 Sebagai Momentum Pamer Digitalisasi Untuk Transparansi

    Nasirun, Pelukis Cerdas Penuh Dengan Inspirasi