in

Ada Apa Dengan Pipa Paralon Di Sangkar Semut?

pinggirtembok.com | Tak ada usaha yang membohongi hasil, itu kata yang tepat untuk Sanggar Karya Seni Muda Taruna alias Sangkar Semut. Kini usia mereka sudah menginjak tahun kedua tepat di Hari Sabtu tanggal 05 September 2020 lalu. Pencapaian ini tentunya setelah melalui proses yang cukup menguras pikiran dan tenaga.

Bermarkas di Kampung Bojong  RT 01RW 20 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, para anggotanya terus mengasah bakat dan ketrampilan setiap harinya.

Menunjukan bakat, dan melatih keterampilan terus diasah setiap harinya di markas Sanggar Karya Seni Muda Taruna Sangkar Semut Kampung Bojong  RT 01RW 20 Kelurahan Baktijaya , Kecamatan Sukmajaya. Depok Jawa Barat

Junaidi Sofyan Sanggar Karya Seni Muda Taruna  (SANGKAR SEMUT) saat ditemui pinggirtembok.com, mengatakan sangat senang sekali mengikuti Sangkar Semut, banyak ilmu yang didapatkannya dalam menciptakan kreasi seni yang indah serta melestarikan budaya betawi.

“Kegiatan kami disini setiap hari selalu berkreasi seperti membuat baik lampu paralon, lampu lidi, lukisan kanvas, hadroh sanggar, sampai mempertunjukan seni tari betawi dan Kebudayaan yang wajib di lestarikan ” pungkasnya”

Junaidi sebagai pembina pelatihan kreasi dari paralon untuk anak- anak muda sekitar kampung Bojong mengatakan dirinya lebih sering membuat hiasan lampu dari palaron yang di ukir seperti motif batik, motif hewan seperti Kupu-kupu,Burung dan lainnya.

Selain memiliki nilai seni yang tinggi karena diperlukan ketelitian dan kesabaran, hasil karyanya pun dapat menjadi nilai ekonomi.

Berbagai hasil kreasi lampu hias dari paralon :

Sangkar Semut dalam hal ini tidak pernah membedakan, “Kita mau rangkul semuanya terutama anak-anak buat belajar dalam kegiatan seni sesuai kemauan anak, karena dengan seperti itu akan berkesinambungan milik budaya kita sendiri” ungkap Junaidi.

Hal itu ditegaskan pula oleh Junaidi yang ingin menggeser sedikit demi sedikit kegiatan negatif anak muda di jaman sekarang untuk ke arah yang lebih positif dan bermanfaat dengan kreatifitasnya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan orang lain.

Diakhir pertemuan kami, Junaidi pun menitipkan pesan, “Jika ada sahabat pinggirtembok.com yang ingin memiliki untuk menghiasi lampu rumahnya dapat membeli langsung dengan datang ke Sangkar Semut”. (RA17)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    BMI-02 Putera Petir Sukseskan Turnamen Mini Soccer 2020

    Pengundian Nomor Cawalkot Dilakukan Live Streaming