in

10 Ide Bisnis Ini Cocok Bagi Mahasiswa

pinggirtembok.com | Bisnis memang dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan dijaman yang serba maju dengan perkembangan teknologi saat ini. Bahkan bagi mahasiswa bisa melakukan bisnis sambil kuliah.

Berbekal kreatifitas serta keberanian untuk mengambil resiko, mahasiswa dapat mengelola bisnis hingga sukses.

Mahasiswa berbisnis? Kenapa tidak, terkadang kita dituntut untuk mampu hidup mandiri dan tidak bergantung hanya pada uang saku dari orangtua saja. Peluang-peluang tersebut dapat dijadikan pengalaman hingga mendapatkan penghasilan.

Bagi para mahasiswa yang merantau, mereka pun harus menyisihkan uang sakunya untuk biaya indekos hingga pengeluaran lainnya.

Saat ini banyak perguruan tinggi yang memberikan dukungannya bagi mahasiswa untuk meningkatkan minat kewirausahaan pada mahasiswanya. Selain menambah uang saku, pengalaman berbisnis pun dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah.

Untuk memulai bisnis pun bisa diawali yang tanpa modal seperti menjadi dropshipper, tapi yang paling penting bisa membaca peluang yang ada di sekitar kita, misalnya jasa ketik dan print pada saat diwaktu tugas kuliah bakal numpuk, lumayan kan, hasilnya bisa buat jajan

Itu sebabnya dengan berbisnis sedari duduk di bangku kuliah, kita bisa mendapatkan uang saku tambahan dan juga pengalaman yang pasti akan berguna setelah lulus nantinya. 

Selain berbagai manfaat berbisnis saat menjadi mahasiswa, juga terdapat kerugiannya seperti :

  • Kuliah jadi keteteran, pada saat kamu yakin berbisnis saat berada di bangku kuliah, maka harus berkomitmen dengan bisnis tersebut. Dengan seperti ini, urusan kuliah bisa jadi nomor dua, apalagi kalo bisnisnya menjanjikan, pasti akan benar-benar keteteran untuk urusan perkuliahannya.
  • Gampang Sakit. Selain menjaga keseimbangan antara kuliah dan berbisnis, faktor kesehatan juga seringkali terlupakan. Jadi perlu diperhatikan mengenai kesehatan serta gaya hidup yang akan terjadi.
  • Lupa Waktu. Bisnis dan Kuliah, kedua kegiatan ini harus pintar mengelola waktunya, karena pebisnis yang sukses itu yang dapat mengatur waktu dan mengelola keuangannya dengan baik. Bagi anak kuliah santa penting untuk meraih prestasi. Maka keduanya harus bisa sejalan yah, sehingga menjadi anak muda yang sukses baik secara pendidikan maupun bisnis.

Berikut 10 ide bisnis yang cocok bagi Sobat Gribok yang masih duduk di bangku kuliah.

#1 Jualan Online

Anak muda memang senang sesuatu yang serba praktis, sobat Girbok dapat melakukan jualan online melalui platform toko online yang terdapat di internet. Kamu bisa berjualan baju, pernak pernik gadget, atau yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak muda saat ini. 

#2 Freelancer

Pekerja lepas atau biasa disebut dengan Freelancer pun dapat dijadikan peluang untuk menambah uang saku. Sobat Girbok pun dapat menggunakan beberapa platform yang disediakan khusus untuk pekerja lepas seperti :

#3 Teknologi dan Informasi

Sobat Girbok yang mengambil jurusan Teknologi Informasi (IT) dapat memanfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan seperti menyediakan jasa Web Design atau Web Development.

#4 Sosial Media

Saat ini banyak perusahaan baik kecil hingga besar menggunakan sosial media untuk melakukan promosi. Sobat Girbok dapat memanfaatkan keahliannya menjadi copywriter, admin sosmed atau content creator agar mendapatkan penghasilan tambahan.

#5 Jasa Event Organizer

Bila Sobat Girbok mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sebuah acara, baiknya memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis penyedia jasa event organizer.

Mulai aja dulu dari yang paling sederhana seperti, seminar, ulang tahun, acara kantor, dan sebagainya yang sekiranya bisa ditangani. Profesi menjadi EO sangat cocok sekali untuk mahasiswa, dan bisnis ini memiliki peluang yang besar jika dijalankan dengan sungguh-sungguh.

#6 Juru Rias

Keahlian menjadi juru rias memang tidak dimiliki oleh semua orang, namun ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Tarifnya pun bervariasi mulai dari Rp.500ribu bagi pemula hingga jutaan apabila sudah mencapai level profesional dengan jam terbang yang tinggi.

Sobat Girbok tidak terikat jam kantor, cukup promosikan saja jasanya melalui sosial media dan mengenalkan portofolionya atau membuat tutorial rias dengan menggunakan video.

#7 Reparasi Komputer atau Laptop

Bagi yang suka utak atik komponen komputer seperti prosesor, motherboard dan kartu grafis setidaknya dapat mempertimbangkan peluang bisnis ini.

Pada awalnya sobat Girbok dapat membantu teman-teman terdekat terlebih dahulu, seiring waktu berjalan kamu dapat memperluas pasar sambil mengasah wawasan mengenai teknologi hardwarenya.

#8 Desain Grafis

Tidak semua orang dapat membuat logo atau katalog untuk bisnis usahanya, Sobat Girbok yang mempunyai keahlian serta seni yang tinggi, dapat memanfaatkan peluang ini. Jika hasilnya memuaskan kamu dapat dipanggil lagi dan menghasilkan cuan yang tinggi nih.

#9 Jasa Tour and Travel

Anak muda pun identik dengan jalan-jalan apalagi kalo lokasinya instagramable banget, gimana kalau hobi ini dijadikan sebuah paket wisata agar dapat menghasilkan tambahan penghasilan?

Coba dengan tujuan wisata yang sederhana terlebih dahulu,misalnya ke air terjun di Bogor dengan membawa sekitar 10-20 orang. Buat promo semenarik mungkin agar semakin banyak peserta yang ikut.

Tapi bisnis ini mempunyai keuntungan yang ganda lho, selain mendapatkan penghasilan sobat Girbok bisa ikut jalan-jalan gratis juga lho.

#10 Tukang Cukur Rumahan

Kalau istilah kerennya adalah Barber Shop, Sobat Girbok juga dapat memanfaatkan keahlian ini. Dimulai dari skala kecil yang dilakukan di rumahanjadi tidak memerlukan dana yang terlalu besar untuk menyewa tempat, sehingga modal awal tidak terlalu besar.

Nah, demikian uraian mengenai ide bisnis bagi mahasiswa, memang diperlukan keberanian serta mengasah mental kita dalam memulai suatu bisnis.

“Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus.”

Bob sadino

(FDF)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    KPU Depok Ajak Milenial Gunakan Hak Pilihnya Di Pilkada Kota Depok

    [Live Streaming] Mampukah Internet Bantu Percepat Penanganan Covid-19?