in

Warga Kampung Rawageni, Mempercantik Lingkungannya Dengan Mural

Ajak Pilah Sampah, Warga RW 07 Ratujaya Lukis Mural Edukasi. (Foto:Istimewa)

Depok | Mural memang sedang ramai akhir-akhir ini, mulai dari mural kritik di berbagai daerah, mural kampanye anti riba, taman corat coret di Bogor, namun ada 1 tempat di wilayah Kota Depok yang lingkungannya dihiasi dengan berbagai lukisan dan Mural

Di lingkungan RW 7 Ratujaya, Kecamatan Cipayung, pengurus setempat berserta masyarakat mempunyai cara tersendiri untuk mempercantik lingkungan. Mereka membuat karya-karya kreatif dengan membuat mural tiga dimensi maupun permainan edukasi untuk anak.

Ketua RW7 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Ahmad Sanusi mengatakan, kawasan padat penduduk yang dikenal sebagai kampung Rawageni ini dihiasi berbagai lukisan dan mural. Mulai dari tembok di lima dari enam RT, maupun gang-gang yang biasa menjadi lalu lalangnya warga.

Gagasan inovasi dan kreativitas ini lahir dari pengurus lingkungan setempat, mulai dari satu RT ke RT lainnya. Masyarakat pun menyambut dengan antusias dan mendukung ide ini, mulai dari tenaga lukis, donatur makanan hingga donasi uang

“Alhamdulillah masyarakat membantu menghias lingkungannya sendiri. Kesadaran inilah yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, dan sudah sulit dicari di masa modern saat ini,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (5/9).

Antusias yang tinggi dari masyarakat, membuat gang-gang maupun jalanan sekitar RW 7 Ratujaya ini menjadi indah. Anggaran yang dikeluarkannya pun tak sedikit yaitu Rp. 6 juta hingga Rp. 10 juta.

Untuk biaya proses pembuatan mural ini juga dihimpun dari uang swadaya masyarakat dan kini giliran RT. 6 Ratujaya yang kebagian diperindah.

“Saat ini RT6 sedang kami lukis tembok dan jalanannya juga. Untuk jalan, sebagian kami memakai cat minyak yang bagus seperti Avian dan Nippon agar tidak cepat memudar,” bebernya.

Mural-mural ini juga bertujuan sebagai sarana edukasi dan permainan masyarakat, khususnya anak-anak. Tak hanya itu, mural-mural ini juga sebagai tempat refreshing dengan melakukan swafoto.

Sementara itu, salah satu warga RW7 Ratujaya, Yudi menuturkan sangat senang akan hadirnya berbagai area edukasi dan permainan masyarakat. Terlebih dirinya bersama anak dan istri bisa bermain bersama sekaligus sekaligus swafoto mengabadikan momen tersebut.

“Saya bersyukur adanya mural dan lukisan ini. Semoga kampung Rawageni khususnya RW7 Ratujaya bisa semakin baik dan solid lagi warganya,” tandasnya. 

Gimana sobat Girbok, tertarik mengunjungi Kampung Rawageni di Depok? Yuk berbagi pengalamannya dengan menuliskan komentar dibawah ini.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Belajar Budaya Jawa Lewat Suasana Rumah Makan Edukatif Di Sleman

    UMKM Asal Depok Ikut New York Fashion Week 2022