in

Antusiasme Warga Karangwaru Pelatihan Tani Kota, 3 Manfaat Utama Yang Bisa Didapat

Kiri: Lurah Karangwaru Dodo Linomo, S.Pd, Ketua LPMK Karangwaru Soebandono, S.Pd, Ketua TKPK Karangwaru Sugito, B.Sc.(Foto:Istimewa)

Yogyakarta | Kelurahan Karangwaru Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta, mengadakan Pelatihan Pertanian Kota untuk Peningkatan Ketahanan Pangan yang diikuti oleh masyarakat Karangwaru, Senin (20/09).

Dipimpin oleh Lurah Karangwaru, Dodo Linomo, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan berbagai manfaat dari Program Urban Farming dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan masyarakat sekitar.

Acara ini dihadiri oleh, Ketua LPMK Karangwaru Soebandono,S.Pd, Narasumber dari dinas Pertanian sekaligus Youtuber Sagio, Ketua Poktan Hari Sulistiyo Purnomo dan Pengurus Masyarakat Indonesia Maju ( MIM DIY ) K. Herman Setiawan

Antusiasme peserta latihan tani perkotaan di Karangwaru. (Foto:Istimewa)

Dalam hal ini, Ketua LPMK Karangwaru Soebandono,S.Pd menyampaikan prioritas yang ingin diraih mulai dari bidang Food, Energy dan Water. Namun, untuk dapat menggalakkan tani kota maka perlu adanya dukungan mulai dari tingkat keluarga.

Tak hanya itu, Sagio bersama Hari memberikan materi pemanfaatan pekarangan di perkotaan dengan membagikan pengalamannya menjalankan tani kota ke peserta latihan dengan lahan tidur seluas 540 m2 yang akhirnya berhasil menelurkan kelompok Loh Jinawi.

Sagio pun ikut memberikan materi pembuatan POC dari limbah bekas cucian air lele dan kulit nanas yang relatip tanpa biaya dan multi fungsi.

K. Herman Setiawan menyampaikan minimal ada 3 manfaat besar kalo warga Karangwaru maupun masyarakat DIY mau menjalankan tani kota:

  1. Swasembada pangan bagi keluarga dan kelompok masyarakat sekitar.
  2. Promosi wilayah menjadi kawasan wisata tanam yang menarik dan menghibur jiwa.
  3. Hasil berlimpah bisa menyuplai kebutuhan daerah lain dan kehidupan bermasyarakat lebih harmonis.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Pesantren dan Ekonomi Syariah Berpotensi Majukan Ekonomi Nasional

    Mitra Kamtibmas Depok Rayakan HUT ke 4, Sederhana Dan Bermakna