in

BI DIY & Pemda DI: Bersinergi & Berkolaborasi

Budiharto Setyawan yang ditugaskan sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KPwBI DIY) menggantikan Miyono sebagai pelaksana tugas. Pengukuhan Kepala KPwBI DIY telah dilakukan oleh Perry Warjiyo (Gubernur BI).

Acara tersebut diselenggarakan di KPwBI DIY (Senin, 07/02/22), Untuk diketahui Budiharto sebelumnya bertugas sebagai Wakil Kepala BI Lampung. Hadir dalam acara pengukuhan tersebut antara lain Guberbur DIY, Kepala OJK DIY, Kepala BI Surabaya, dan perwakilan dari Pemkab/Pemkot DIY, Perbankan, KADIN DIY, KAFEGAMA DIY dan ISEI Cabang Yogyakarta.

“Sinergitas dan kolaborasi dengan Pemda DIY dengan BI DIY dan pemangku kepentingan terus dijalankan secara berkelanjutan”, harap Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY).

Budiharto Setyawan (kiri) Kepala BI DIY & Miyono pejabat Plt. Kepala BI DIY yang digantikan oleh Budiharto Setyawan. (Foto/sri)

Selama ini KPwBI DIY telah memberikan masukan terkait pengembangan ekonomi. Di samping itu juga terlibat langsung dalam pengembangan UMKM, Ekonomi Kreatif, Pariwisata, Pertanian, Digitalisasi Ekonomi dan kegiatan ekonomi yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi DIY.

“Saya berharap BI DIY ikut membantu pengembangan pariwisata berkualitas di DIY”, harap Gubernur DIY.

“BI berkomitmen mendukung pembangunan ekonomi di daerah termasuk DIY”, tegas Perry Warjiyo.

Selanjutnya Gubernur BI menjelaskan selama ini BI telah dan terus melakukan pelatihan serta pendampingan UMKM agar dapat go digital dan go export. Digitalisasi pembayaran melalui QRIS juga didorong terus agar dapat digunakan oleh masyarakat, termasuk UMKM, dalam bertraksasi.

“Akhir tahun 2021 BI telah meluncurkan BI Fast”, jelas Perry Warjiyo. Menurut Perry, BI Fast merupakan sistem pembayaran ritel nasional yang menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). BI Fast akan beroperasi tanpa henti, berlangsung seketika atau real time, mudah, aman dan murah. Kehadiran BI Fast juga diharapkan mampu mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, termasuk di daerah.

“Saya mohon dukungan pemda DIY, pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat DIY dalam menjalankan tugas sebagai Kepala BI DIY”, harap Budiharto Setyawan. Menurut Budiharto, BI DIY akan tetap dan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan (Pemda DIY, Pemkab/Pemkot di DIY, OJK DIY, KADIN DIY, ISEI Cabang Yogyakarta, Perbankan, Pelaku Ekonomi dan KAFEGAMA DIY) untuk mempercepat upaya pemulihan dan pembangunan ekonomi di DIY.

“Budiharto Setyawan merupakan putra kelahiran Yogyakarta juga menyelesaikan studi sarjana hukum dan magister ekonomi di UGM Yogyakarta”, tambah Y. Sri Susilo (Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta) dalam rilisnya kepada media. (Girbok/sri)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Rapimda, KADIN DIY “Menjadi Inisiator & Eksekutor”

    Dukungan Sikap MIM DIY Kepada Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Terkait Bela Negara