in

Mitra Kamtibmas Depok, Ormas Yang Peduli Terhadap Keamanan Kota Depok

Pengukuhan pengurus DPP MKD 2021-2024. (Foto:Dok MKD)

Depok | Terwujud dari kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap rasa keamanan dan kenyamanan wilayah. Beberapa warga Depok mendirikan Organisasi Masyarakat untuk membantu Polri, TNI dan Pemerintah.

Mitra Kamtibmas Depok (MKD) didirikan oleh A.RAMDANI, HANAN GINANJAR, ADJIRIZAL, FATAN SOLAEMAN pada 9 September 2017 di Cilodong dan mendapatkan perizinan organisasi pada 26 Februari 2018.

Sejauh ini, MKD sudah melakukan penggantian Ketua Umum sebanyak 3 kali, berikut urutan Ketua Umum MKD dari pertama kali berdiri :

  1. Supahar 2018-2019
  2. Dedi Suryadi 2019- 2021
  3. Yayat Supriyatna 2021 – hingga sekarang.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh MKD mulai dari sosial, agama, keamanan dan ketertiban dan lainnya. Selain itu MKD selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggotanya berada.

Beberapa kegiatan sosial yang dijalankan MKD diantaranya, Pemberian bansos Tsunami Anyer tahun 2019, Bantuan tanah longsor di Jasinga. Selain itu, MKD mempunyai kegiatan rutin yaitu melakukan patroli setiap malam bersama polri di lingkungan, agar terjaga keamanan dan ketertiban di wilayah.

Anggota-anggota MKD tersebar di 11 wilayah Kecamatan yang berada di Kota Depok dan Bojonggede, yang masing-masih wilayah mempunyai koordinator untuk melakukan kamtibmas di wilayahnya. Terdiri dari :

  1. Sektor Cipayung
  2. Sektor Cimanggis
  3. Sektor Sawangan
  4. Sektor Pancoran Mas
  5. Sektor Beji
  6. Sektor Sukmajaya
  7. Sektor Tapos
  8. Sektor Cilodong
  9. Sektor Bojong Gede

Dalam masa pandemi saat ini, Mitra Kamtibmas Depok yang diketuai oleh Yayat Supriyatna juga ikut dalam kegiatan gebyar vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok.

Tak hanya kegiatan internal saja, MKD juga bekerjasama dengan ormas lain yang ada di Kota Depok untuk menjaga wilayahnya dari kriminal dan kejahatan, serta menyatukan visi misi yang sama yaitu Kamtibmas

Yayat Supriyatna, Ketua MKD 2021. (Foto:Dok. MKD)

Mitra Kamtibmas Depok kini sudah memasuki tahun ke empat, meskipun masih dalam suasana pandemi, MKD tetap berkontribusi untuk masyarakat Kota Depok dalam mewujudkan peningkatan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas serta membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Dalam usia MKD yang ke 4 tahun, Yayat berharap MKD kedepan lebih berkiprah dan peduli serta menjalin sinergitas lebih baik lagi dengan stakeholder wilayah dan masyarakat kota depok pada umumnya, dalam wawancara Girbok melalui ponsel, Selasa (6/9)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Banjir Bandang Di Kabupaten Bogor, Puluhan KK Dan Pesantren Terdampak

    Budidaya Burung Perkutut, Semakin Langka Warnanya, Semakin Mahal