in

Gowes Napak Tilas BPH Diponegoro

Rahadi Saptata Abra (Ketua Umum PatraPadi) berjabat tangan erat bersama Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Afianto di depan Goa Kakung Selarong. (foto/IST)

Yogyakarta | Sebagai bagian dari sinergi antara Korem 072/Pamungkas Yogyakarta dan Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi), pada Hari Sabtu, 12 Februari 2022, Pukul 06.00 WIB, bertempat di Monumen Diponegoro, Ndalem Tegalrejo, Jl. HOS Cokroaminoto TR-III/430, Yogyakarta, Patra Padi membersamai acara Gowes Napak Tilas Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Diponegoro.

Acara Gowes ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan para peserta acara, dilanjutkan dengan giat warming up. Adapun pelepasan peserta gowes, dilakukan oleh Ketua Umum Patra Padi, R. Rahadi Saptata Abra, S.Si, MBA menuju Goa Selarong, Pajangan, Bantul.

Dalam sambutannya, Danrem 072/Pamungkas, Bapak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Afianto menyampaikan rasa terima kasih kepada Perwakilan Pengurus Patra Padi, Penewu Pajangan, Bantul Bapak Anjar Arintaka Putra S Sos MM, Kapolsek Pajangan Bantul Ibu AKP Titik Esti Handayani S IKom MM, serta masyarakat di sekitar Goa Selarong.

Gowes Napak Tilas Pangeran Diponegoro. (Foto/IST)

Selain itu, beliau berharap agar ke depan dapat dilakukan proses revitalisasi Kompleks Goa Selarong, sehingga nantinya Goa Selarong dapat menjadi salah satu obyek wisata andalan sekaligus menjadi lokasi pembelajaran sejarah Bangsa Indonesia pada umumnya, dan sejarah BPH Diponegoro pada khususnya dalam perjuangannya mengusir Penjajah Belanda.

Seperti yang disampaikan oleh Danrem 072/Pamungkas, bahwa tujuan diadakannya Gowes Napak Tilas BPH Diponegoro adalah untuk mengingat perjuangan dan pengorbanan BPH Diponegoro beserta para pengikutnya pada saat awal meletusnya Perang Jawa, di mana ditandai dengan penyerangan dan pembumihangusan nDalem Tegalrejo oleh Pasukan Gabungan Penjajah Belanda, pada Hari Rabu, Tanggal 20 Juli 1825.

Pemberian Baksos kepada masayarakat sekitar Goa Selarong. (foto/IST)

Selain itu, sebagai wujud kepedulian sosial, dilaksanakan juga acara bakti sosial kepada masayarakat sekitar Goa Selarong, Bantul, yang membutuhkan, Korem 072 Pamungkas memberikan bantuan berupa paket sembako sedangkan Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro memberikan bantuan berupa uang tunai langsung.

Pada kesempatan yang sama, R. Rahadi Saptata Abra, S.Si, MBA menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesempatan untuk membersamai Acara Gowes Napak Tilas BPH Diponegoro ini. Semoga hubungan strategis Korem 072/Pamungkas Yogyakarta dengan Patra Padi dapat semakin mesra ujar Ketua Umum Patra Padi.

Berdoa bersama untuk BPH Diponegoro bin Sri Sultan HB III. (foto/IST)

Sebagai salah satu inti acara, bertempat di Goa Kakung, Danrem 072U, Brigjen TNI Afianto beserta jajaran Korem 072/Pamungkas Yogyakarta dan Perwakilan Pengurus Patra Padi mengadakan doa bersama, untuk mendoakan BPH Diponegoro, para pengikutnya dan para pahlawan yang telah gugur di medan Perang Jawa.

Sebagai penutup acara, pada Pukul 09.45 s.d. 10.30 diadakan sesi ramah tamah antara Danrem 072/Pamungkas Yogyarta beserta segenap jajarannya, perwakilan Pengurus Patra Padi, Penewu Pajangan dan Kapolsek Pajangan. Suasana akrab penuh kehangatan dan canda mewarnai sesi ramah tamah.

Foto Bersama di depan Patung Pangeran Diponegoro Goa Selarong. (Foto/IST)

Harapannya semoga ke depan jalinan sinergi antara Korem 072/Pamungkas Yogyakarta dengan Patra Padi semakin solid dan membawa barokah. (girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    KADIN DIY Membentuk 3 Badan Otonom

    Penguatan Kelembagaan oleh Ketum DPP MIM Pesan Penting Yang Patut Diketahui