in

Dari Digital Marketer berubah profesi sebagai Pengusaha Laundry

Bogor – Berawal dari ajakan seorang teman, Febrian yang berprofesi sebagai Digital Marketer enggan untuk diajak berbisnis laundry karena minimnya ilmu mengenai bisnis laundry. Namun setelah mempelajari tentang laundry dengan waktu singkat ia akhirnya menekuni bisnis laundry ini.

Aulia Laundry Cilebut berlokasi di daerah Cilebut, Kabupaten Bogor Jawa Barat, ia memulai bisnis laundrynya pada bulan Februari 2021. Awalnya ia pesimis dapat menjalankan bisnis ini, namun setelah ia bertemu dengan teman-teman di komunitas laundry Jalasendi akhirnya ia banyak belajar dan semakin yakin untuk menjalankan bisnisnya.

“Saat ditawari bisnis ini saya bilang ke istri kalo saya menolak, namun setelah dipelajari sepertinya menarik jadi saya jalanin aja sambil nanti cari-cari ilmunya ke yang udah senior” pangkasnya saat diwawancarai oleh Girbok, Jumat 17 Juni 2021.

Belajar dengan mentor-mentor di komunitasnya ia semakin yakin bahwa bisnis laundry ini sangat menarik dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar apabila pandai mengelolanya.

Berbekal skill yang dimilikinya yaitu Digital Marketing, ia menggunakan trik-trik dalam mempromosikan laundry nya melalui social media serta grup-grup whatsapp yang ia ikuti untuk melakukan pemasaran online.

Meskipun usahanya berada di daerah CIlebut, ia pun sering mendapatkan order dari wilayah Depok. Dengan cover area yang luas hingga ke Kawasan Depok, ia pun membuat titik-titik penerimaan agar dapat menampung permintaan dari pelanggannya.

Aulia Laundry Cilebut, melayani berbagai laundry mulai dari kiloan, satuan, bedcover, karpet, sepatu, jaket, sofa, springbed dan lain-lain. Ia mengakui bahwa berbagai layanan ini dikerjakan berkat kolaborasi dengan teman-temannya sehingga ia tidak mengeluarkan kocek yang terlalu besar untuk menggaji karyawan.

Dengan berkolaborasi ia pun melakukan pemberdayaan potensi yang dipunyai oleh rekan-rekannya sehingga peluang untuk mendapatkan penghasilan serta usaha pun menjadi terbuka.

Saat ini Aulia Laundry mempunyai 2 outlet besarnya di daerah CIlebut dan Citayam, bahkan saat ini ia pun membuat kemitraan bagi teman-teman yang ingin usaha laundry dalam 1 atap manajemen Aulia Laundry. Kemitraan ini sedang berjalan dan akan segera dibuka perdana di daerah Cibinong.

Untuk Cuci kiloan ia membanderol dengan harga Rp. 7000/kg, jasa setrika uap Rp. 4000/kg, Bed Cover mulai dari harga Rp. 19000/pcs serta karpet mulai dari harga 10rb/m2. Tak hanya pakaian iapun menerima cuci sepatu mulai harga Rp. 30.000/pasang, Sofa serta Spring bed yang harganya tergantung ukuran dan type.

Bagi pemula dibidang laundry rata-rata perhari ia mengakui mendapatkan order hingga 100kg bahkan di hari lebaran kemarin hampir 2x lipat. Dengan orderan yang luar biasa tersebut kadang iapun kewalahan apabila dikerjakan sendiri sehingga ia pun berkolaborasi dengan jaringan komunitasnya tentunya yang sudah mempunyai SOP dan kualitas yang sama dengan Aulia Laundry.

“Saya mengikuti komunitas laundry, Namanya Jalasendi, disini saya terbantu sekali pemahaman tentang bisnis dan Teknik laundry, temen-temen di Jalasendi pun ga segan-segan membantu apabila kita mempunyai kendala” Pungkas Febrian.

Buat temen-temen yang berada di wilayah Depok dan Bogor yang ingin laundry pakaiannya dapat ke Aulia Laundry karena ia mempunyai fasilitas antar jemput Gratis lho. Bagi teman-teman di wilayah Bogor dan Depok dapat mengunjungi https://aulialaundry.com atau menghubungi 085693327926 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. (FDF)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Mengenal Komunitas Solidaritas Forum Anti Riba (Safar)

    Keren, Pelaku Usaha di Kota Yogyakarta Tertib Menjalankan Aturan Maksimal Waktu Makan