in

Awal Mula Motor Cross, Olahraga Ekstrim Yang Mengasyikkan

Sejarah singkat motor cross. (Foto/imi.id)

pinggirtembok.com | Beberapa waktu lalu ada beberapa artikel yang mengangkat mengenai komunitas motor cross, kali ini kita akan mengulas mengenai sejarah motor cross di dunia.

Motor cross merupakan salah satu jenis motor off road. Mengendarai motor jenis ini memang mengasyikkan dan memacu adrenalin, apalagi jika melaju diatas track tanah, lumpur, atau bebatuan yang tidak rata. Biasanya digunakan di lintasan jarak pendek yang diberi berbagai rintangan. Tangki bahan bakar berukuran kecil disematkan di motor ini untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan. Suspensi dirancang dengan ukuran yang tinggi agar motor ini dapat melompat dengan berbagai ketinggian.

Enduro adalah jenis motor off road yang kedua. Motor biasa yang dimodifikasi dan ditambah klakson, lampu, dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk kompetisi jalan jauh dan acara ENDURO berlangsung antara satu hari dan enam hari.

Sejarah Motor Cross

Motocross mulai muncul pada tahun 1860 dengan sepeda motor sederhana bermesin uap. Inovasi ini diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris bernama Pierre Michaux. Pada awal 1900-an mulai banyak penggemar olahraga ekstrim ini, sampai tahun 1920-an balap motor ini terus berkembang menjadi kompetisi yang dikenal dengan sebutan “Motocross” yang diadakan di Camberley, Inggris.

Pada tahun 1924 merupakan kejuaraan yang paling awal diketahui. Olahraga ini pun cepat populer selama tahun 1930an khususnya di Inggris. Namun seiring dengan meningkatnya popularitas motor cross, perbaikan terus dibuat untuk sepeda motor kompetisi. Dan dengan semakin ketatnya persaingan membuat modifikasi sepeda motor balap juga semakin berkembang.

International Motorcycle Community atau komunitas sepeda motor internasional mengadakan Kejuaraan Sepeda Motor se-Eropa pada tahun 1952, kemudian pada tahun 1957 dimulailah kejuaraan tingkat dunia

Tahun 1960-an mesin sepeda motor 2 stroke mulai muncul, beberapa tahun berikutnya sepeda motor empat silinder menjadi terkenal dan dikendarai oleh banyak pembalap di berbagai kompetisi. Hal tersebut karena selama ini sepeda motor dua silinder yang meningkat drastis dan menjadi norma.

Meningkatnya popularitas motor cross membuat berbagai perusahaan motor Eropa seperti Swedia, Cekoslovakia, dan Inggris saling bersaing untuk menciptakan motor yang ringan saat melakukan manuver. Jepang pun ikut memproduksi sepeda motor yang berkualitas tinggi pada akhir 1960 industri motor Jepang memproduksi sepeda motor berkualitas tinggi. Pada tahun 1972, Perusahaan Suzuki berhasil masuk dalam kejuaran dunia Motocross untuk level 250 cc di Los Angeles Coliseum.

Tahun 1990 kebijakan terhadap produksi sepeda motor empat stroke diberlakukan agar mematuhi standar ramah lingkungan. Sampai saat ini motocross terus berkembang dengan bentuk baru dan kompetisinya diadakan di sebuah arena motocross internasional yang bagus seperti Supercross dan Motocross Freestyle Arenacross. (FDF/Dari berbagai sumber)

Sejarah Motorcross. (Foto/radarbanten.co.id)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Logo Baru ACT, Refleksi Visi Lembaga untuk Peradaban Dunia yang Lebih Baik

    Pelatihan Pengembangan Kemasan Bantu Pemasaran Produk UMKM Serua