in

Waketum Golkar Bamsoet: IMI Siap Gelar Beragam Event Otomotif Internasional Sepanjang Tahun 2022

Jakarta | Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memaparkan berbagai rencana penyelenggaraan olahraga otomotif skala internasional yang akan diselenggarakan IMI sepanjang tahun 2022. Antara lain, Jakarta E Prix (Formula E) 2022 pada 4 Juni 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta. Kemudian FIM Motocross World Championship MXGP of Indonesia 2022, pada 24-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit, Samota, Sumbawa, NTB. Dilanjutkan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 sebanyak 6 putaran yang akan dimulai pada 16 Juli 2022 di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor.

“Kemudian FIA Asia Pacific Rally Championship yang akan diselenggarakan pada 23-25 September 2022 di kawasan Danau Toba. Serta World Superbike Indonesia Series 2022 pada 11-13 November di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, NTB. IMI tidak mungkin bisa sendirian dalam menyukseskan berbagai agenda internasional tersebut. Karenanya dibutuhkan peran dan dukungan dari berbagai kalangan, khususnya dari para pelaku usaha dan pecinta olahraga otomotif,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran Direktur Utama Roadgrip Motorsport Indonesia Raoul Pasaribu dan Direktur Utama Ihza & Ihza Law Firm Kenia Mahendra, di Jakarta, Rabu (25/2/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menambahkan, selain menyelenggarakan kejuaraan internasional, IMI juga memfasilitasi berbagai kegiatan komunitas – mobilitas otomotif. Sepanjang tahun 2022 ini, antara lain ada Black Stone LiveModz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’ yang diikuti selebritas ternama seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, Uya Kuya, Gading Marten, dan Atta Halilintar. Puncak acaranya akan dilangsungkan bersamaan dengan event OLX Autos IMX 2022, pada 1-2 Oktober 2022 di JCC, Jakarta.

“Serta Vespa World Days 2022, yang akan diselenggarakan pada 9-12 Juni 2022 di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Indonesia mendapatkan kehormatan, karena untuk pertama kalinya sejak bergulir pada tahun 1954, Vespa World Days yang biasanya selalu diselenggarakan di benua Eropa, kini diselenggarakan di luar Eropa yakni di Indonesia. Dilanjutkan 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022, yang diselenggarakan IMI bersama Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, pada 18 Juli – 2 Agustus 2022. Sekitar 50 motor besar dari Indonesia akan ikut serta dalam kegiatan tersebut, menjelajahi enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam,” urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahananan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, sebagai dukungan mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia, IMI juga sedang mempersiapkan pembangunan sirkuit internasional di berbagai daerah. Antara lain, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, IMI akan merevitalisasi Sirkuit Internasional Sentul menjadi West Java Sentul International Circuit. Bersama Gallant Venture, IMI akan membangun Bintan International Circuit.

“IMI juga berencana mengembangkan Kawasan Pusat Olahraga Sumatera Selatan Jakabaring di Palembang menjadi Street Sirkuit International Jakabaring. Serta menjajaki kerjasama dengan Agung Sedayu Group untuk membangun PIK 2 International Circuit Great 1 di kawasan PIK Jakarta,” pungkas Bamsoet. (*)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Walikota Kota Depok Canangkan 11 Kampung Keluarga Berkualitas Sebagai Percontohan, Mana Aja?

    Konser Gamelan “The Legend of Prambanan Temple” Memukau Ratusan Orang Ceko