in

Dugaan Mal Administrasi Penerbitan SHM oleh Oknum BPN Jogja, WRC DIY Dampingi Ketua Gamki Jogja

Kanan: Ketua GAMKI Kota, MPP Gondokusuman Guritno,A.P., N.S. Sukirman Sekretaris WRC DIY, keluarga korban. (foto/herman)

DIY | N.S Sukirman, sekretaris Watch Relation of Corruption Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Senin (23/05/2022) mendampingi Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Dewan Pengurus Cabang Kota Jogja ( GAMKI DPC Kota ) Ronald E.G. Suitela mendatangi kantor Kemantren Gondokusuman di Jl. Munggur No.32, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221 yang ditemui langsung oleh Mantri Pamong Praja ( MPP ) Gondokusuman Guritno, A.P.

Dalam forum pertemuan dengan keluarga korban penerbitan SHM yang dianggap bermasalah MPP Gondokusuman Guritno,A.P. menyampaikan selama dalam menjabat sejak Januari 2019, sebagai Pamong siap membantu dan melayani masyarakat. Dalam menjalankan tugas kedinasannya, sesuai prinsip dengan tegas tetap mematuhi prosedur, sesuai aturan hukum yg di tetapkan. Pengajuan legalitas dalam keabsahan surat kepemilikan tanah yg berhubungan dengan ahli waris, diperlukan kejelian, apabila ada data yang tidak lengkap, akan menolak dan tidak di sahkannya pengajuan tersebut. Agar tidak terjadi sesuatu hal yg menyulitkan di kemudian hari, masyarakat di himbau dalam pengajuan surat menyurat tidak memanipulasi data. Hal yang menjadi keberatan pihak keluarga yang didampingi oleh Ketua GAMKI Kota dan dipantau WRC DIY adalah tinggalan MPP sebeumnya, namun Guritno berkomitmen tinggi untuk membantu dalam proses penyelesaiannya untuk mengembalikan ke prosedur yang semestinya.

Ronald menyampaikan dalam proses persoalan yang ditanganinya, pihaknya akan mengajukan surat keberatan ke BPN atas di keluarkannya surat SHM yang dinilai cacat administrasi, mengingat bahwa kepemilikan sebidang tanah atas salah satu nama adalah tanah waris yg di dalamnya penerima waris ada empat orang, dan kebsahan SHM atas nama salah seorang penerima waris tanpa sepengetahuan yg lainnya ( Asal tanah dari Letter C yang ditingkatkan menjadi SHM ). Ada tahapan tertentu yang dianggap dilewati dalam proses yang dijalankan sehingga menimbulkan kerugian bagi ahli waris yang lainnya.

N.S Sukirman selaku pemantau dari WRC DIY yang telah mendapat aduan dari masyarakat dalam pengesahan SHM oleh BPN yg di duga cacat adminitrasi, akan mengawal dan mengawasi kasus ini hingga selesai. Langkah awal pengumpulan bukti dan informasi melalui pihak MPP Gondokusuman akan dilanjutkan dengan mempertemukan pihak pihak pengadu dan korban dengan pihak BPN Jogja setelah penyusunan surat keberatan selesai dan WRC DIY akan tetap memantau sampai ada solusi terbaik yang bisa diterima dan disepakati semua pihak yang dirugikan dan memberikan efek jera agar hal seperti ini tidak akan berulang kembali. (herman)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Waketum Golkar Bamsoet Dorong Sistem Demokrasi Indonesia Dikaji Ulang

    Diseminasi Penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas ( ULD ) Ketenagakerjaan Tahun 2022