in

Jalur Puncak Bogor Akan Menerapkan Ganji Genap, Ada Pengecualian

Kendaraan dari arah Jakarta memadati kawasan Puncak, Bogor, Minggu (29/8/2021). (Foto/IST)

Bogor | Pemberlakuan sistem ganjil genap bagi pengendara yang menuju jalur puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan diterapkan mulai akhir pekan ini, yaitu Jumat 3 September hingga Ahad 5 Septermber 2021.

Autran ini diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan Puncak, seperti yang terjadi pada akhir pekan lalu. Kemacetan total terjadi saat itu di jalur menuju dan dari puncak, sehingga kendaraan tampak tak bergerak

“Dari hasil evaluasi, pantauan dan kajian kami dalam beberapa pekan ini. Kami rasa penerapan ganjil genap ini, bisa menambah efektifitas kinerja anggota di lapangan dalam mereduksi kendaraan menuju Puncak di akhir pekan atau hari libur lainnya selama PPKM berlangsung,” kata Kepala Satlantas Polres Bogor Ajun Komisaris Dicky Pranata di Cibinong, Bogor, Senin, 30 Agustus 2021, seperti yang dilansir dari tempo.co

Hal ini dilakukan karena wilayah Kabupaten Bogor masih menerapkan PPKM Level 3. Kemacetan yang terjadi kemarin menyebabkan kerumunan terjadi dan dikhawatirkan memicu penularan covid 19.

Penerapan sistem ganjil genap ini diharapkan dapat secara efektif menekan kemacetan dan kerumunan dapat dihindarkan. Dicky pun mengungkapkan, selama PPKM 3, aparat gabungan hanya mengecek surat vaksinasi saja bagi wisatawan yang hendak ke puncak.

Dicky mengatakan, meskipun sudah banyaknya masyarakat yang telah melakukan vaksin, pemeriksaan tetap tidak akan efektif menekan jumlah kendaraan yang hendak ke Puncak.

“Ke depan, selain menerapkan aturan ganjil genap, kami juga akan mengkombinasikan dengan pemeriksaan wajib hasil PCR yang terhubung ke aplikasi PeduliLindungi bagi warga yang hendak berwisata,” ujar Dicky.

Jika kedapatan tak bisa menunjukkan bukti PCR maka, kendaraan pelancong akan diputar balik. “Karena yang kami jaga di sini ialah agar warga tidak berkerumun,” ujar Dicky.

Polisi akan mendirikan dua titik pengecekan yakni di pintu keluar Ciawi Tol Jagorawi, dan Simpang Gadog atau Pos TMC. Dicky mengatakan jalur alternatif seperti Simpang Cibanon, Simpang Gunung Geulis atau Rainbow Hills dan Simpang Alternatif Citeko akan ditutup.

Dicky mengatakan pengecekan juga akan dilakukan untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak. Titik pengecekan nya yaitu di Puncak Pass atau Perbatasan Bogor-Cianjur. Dicky menyebut akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur untuk pengecekan ini.

Pemeriksaan ganjil genap dilakukan hanya untuk kendaraan warga yang hendak berwisata saja, kecuali kendaraan logistik dan kebutuhan mobilitas ekonomi dengan menunjukkan dokumen resmi

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Harga Cabai Terjun Bebas Di DIY, Petani Merugi

    Bahlil Mengusulkan Penambahan Anggaran Hingga Rp. 600 Miliar, Untuk Apa?