in

Pertemuan Multi Stakeholder Optimalisasi Layanan Jaminan Kesehatan bagi ODHIV

Yogyakarta | Jaringan Advokasi Anggaran HIV & AIDS Daerah Istimewa Yogyakarta ( JAVA DIY ) melaksanakan pertemuan Multi Stakeholder guna mengoptimalkan layanan jaminan kesehatan bagi orang dengan HIV Kamis, 21 Juli 2022 di Hotel New Saphir Yogyakarta Jl. Laksda Adisucipto No.38, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221.

JAVA sebagai Jaringan Advokasi HIV dan AIDS yang beranggotakan masyarakat sipil, memiliki komitmen untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS, mengedepankan pemenuhan hak ODHIV dan juga berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan terkait dengan HIV dan AIDS dengan tujuan dan output yang diraih:

  1. Peserta yang hadir mendapatkan informasi terbaru terkait kasus HIV dan AIDS di DIY
  2. Peserta yang hadir memahami tentang mekanisme dan alur rujukan jaminan kesehatan baik BPJS mandiri maupun PBI dan juga Jamkesos.
  3. Ada komitmen bersama baik Dinkes DIY, Dinsos DIY dan BPJS Kesehatan dalam pemberian layanan yang terbaik agar pasien ODHIV dapat mengakses layanan kesehatan sehingga kasus putus terapi ARV dapat ditekan.
  4. Pelibatan semua sektor termasuk peserta yg hadir dalam penyampaian informasi mekanisme dan alur rujukan khususnya untuk ODHIV

Sistem layanan & rujukan pasien HIV dalam JKN diterangkan oleh dr. Eko Purboyono, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Yogya meliputi pemahaman: Pengantar,
Kebijakan Pelayanan HIV, dan Pembiayaan HIV.

Kebijakan dan Pedoman alur rujukan HIV dan IO serta perkembangan kasus dipaparkan oleh Dr. Dwi Hikmah W, M. Kes.

Ismi Sulistiani, S.Sos., MPA dari Dinas Sosial DIY menyampaikan alur kebijakan Penerima Bantuan Iuran ( PBI ) Jaminan Kesehatan guna memaksimalkan pengetahuan peserta untuk bisa disampaikan kepada masyarakat luas.

Peserta Lembaga/Instansi yang mengikuti pertemuan terdiri dari:

  1. PERSI ( Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia)
  2. PKFI ( Perhimpunan Klinik & Fasilitas Layanan Kesehatan Primer Indonesia)
  3. Bapel Jamkesos DIY
  4. BPJS Kabupaten Sleman
  5. Dinas Sosial Kota Yogyakarta
  6. Yayasan Kebaya
  7. Yayasan Vesta Indonesia

(herman)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Konferensi Cabang GAMKI DPC GAMKI Gunungkidul dan Seminar Pendidikan Politik

    Dosen FBE UAJY Mengikuti Konferensi Internasional IRSA 2022