in

Menumbuhkan Wirausaha Milenial

Abdul Halim Muslih (Bupati Bantul) memberikan sambutan grand opening Alra Showroom, Mampeer Coffee & Eatery serta Me Jawa. (Foto/Ist)

Yogyakarta | Generasi milenial mempunyai pemikiran yang lebih inovatif, kreatif dan kritis, Pertumbuhan generasi milenial Indonesia menjadi sebuah kekuatan untuk membentuk masyarakat Indonesia menjadi lebih maju, mulai dari kemajuan ekonomi, teknologi, e-commerce dan berbagai bidang lainnya.

“Keuntungan lain dalam berwirausaha di usia muda adalah begitu dekat dengan teknologi terkini”, jelas Abdul Halim Muslih (Bupati Bantul) dalam sambutan grand opening Alra Life Showroom, Mampeer Coffee & Eatering serta Me Jawa di Kawasan Ngoto, Bangunharjo, Bantul Yogyakarta (Minggu, 12/12/21). Menurut Bupati Bantul, Pemda Bantul melalui dinas terkait  mendukung dan menfasilitasi generasi mileneal kreatif yang terjun berwirausaha seperti yang dilakukan oleh  Awista Fajar dan Sarah Azzara.

Untuk diketahui usaha yang dikembangkan oleh Awista Fajar dibawah PT. Alra Makmur Cahaya Selaras (AMCS) bergerak di bidang industry kerajinan tas kulit dengan brand Alra Lifestyle, Alra Natural dan Rumah Produksi. Sedangkan PT. Alra Pangan Sejahtera (APS) merupakan anaka perusahaan AMCS yang bergerak di bidang food and beverage dengan brand Selingan Food, SBT Catering, Mampeer, Me Jawa dan Ikonik. APS dikomandani oleh Sarah Azzara.

Miyono (Plt Kepala BI DIY). (Foto/Ist)

“Perkembangan teknologi yang kian pesat seperti sekarang ini, membuat para pelaku wirausaha dapat mendapatkan kemudahan dari segi akses internet sebagai media pemasaran, promosi, atau berbisnis”, jelas Miyono (Plt kepala BI Yogyakarta). Menurut Miyono, wirausaha milenial tentu telah memanfaatkan bisnis daring semakin jamak dilakukan, seperti membuka toko daring, menjual jasa SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing), freelance writer, dan masih banyak lagi. Bank Indonesia mempunyai program untuk mendorong UMKM, termasuk wirausaha milenial, untuk go digital dan go export.

Di usia yang relatif muda, tentunya dapat memahami potensi dan selera pasa. Milenial juga dengan baik mengenal selera anak muda, serta memahami apa yang sedang menjadi trendsetter. “Jadi, tidak perlu menunggu cukup umur untuk membangun bisnis baru bila milenial mampu menjadi wirausaha sukses”, Ungkap Wawan Harmawan (Waketum KADIN DIY/Ketum Himpunan Pengusaha Nahdliyin DIY) selaku CEO membawahi PT. AMCS dan PT. APS.

Dalam acara grand opening yang dipandu Duo MC terkemuka Martha Sasongko dan Y. Sri Susilo tersebut dihadir sejumlah tamu undangan yaitu Srie Nurkyatsiwi (Kepala Diskop dan UKM DIY), Yuna Pancawati (Kepala Biro Adminstrasi Perekonomian dan SDA Sekda DIY), Emi Masruroh (Ketua Dekranasda Bantul) dan Agus Sulistiyono (Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bantul). Hadir juga Direksi Bank BPD, Kepala dan Wakil Bank BNI Yogyakarta Trikora, Pengurus KADIN DIY, Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta dan tokoh masyarakat setempat.(rls/Sri Susilo)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Alumni Smada Yogyakarta Peduli Erupsi Gunung Semeru, Berbagai Bantuan Disalurkan

    Keterlibatan Generasi Muda Milenial Menjadi Staf Khusus Kepresidenan