in

Inovasi TSI untuk Akselarasi Pendidikan

Narsum dan moderator dalam Seminar Konstelasi 2022. (foto/IST)

Yogyakarta | Konferensi Nasional Teknologi Informasi (Konstelasi) 2022 kembali digelar oleh Departemen Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Konferensi nasional ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Informasi. Pada Konstelasi tahun ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta berkolaborasi dengan lima perguruan tinggi lainnya di Indonesia, yaitu Universitas Atma Jaya Makassar, Universitas Palangka Raya, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya, STIKOM Yos Sudarso Purwokerto, dan STIKOM Uyelindo Kupang.

Konstelasi diadakan sebagai salah satu wadah publikasi penelitian dan pengabdian di masa pandemi. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Inovasi Teknologi dan Sistem Informasi untuk Akselerasi Pendidikan dan Post-Pandemic Recovery” dengan tiga keynote speaker yang berpengalaman dalam bidang ini, yaitu Ibu Florentia Sapty Rahayu, S.T., M.Kom., Bapak Yohanes Priadi Wibisono, S.T., M.M, serta Bapak Indra Haryadi, S.Kom., yang merupakan CEO dari PT Arutala Digital Inovasi.

“Sama dengan penyelenggaraan Konstelasi di tahun pertama, seminar tahun kedua ini juga masih diselenggarakan secara daring mengingat kondisi pandemi belum berakhir”, jelas Prof. DJoko Budiyanto (Guru Besar Departemen Informatika UAJY). Menurut Joko, dengan segala tantangannya, kondisi ini juga memberikan keuntungan dalam hal kepraktisan. Teknologi informasi tentunya sangat berperan dalam situasi ini.

Peserta dapat mengikuti seminar ini dari manapun, tentu ini dapat membuka peluang bahwa kedepannya Konstelasi dapat diikuti lebih banyak peserta dari berbagai penjuru daerah.Konferensi Nasional Teknologi Informasi 2022 adalah salah satu wujud sumbangsih akademisi khususnya Departemen Informatika UAJY bersama untuk tetap berkarya membangun bangsa dan bersama bangkit dari pandemi.

Selain Seminar & Konferensi Nasional yang dihelat tersebut, Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan pendukung sebelumnya. Kegiatan tersebut adalah Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal dan Konferensi Nasional Bereputasi, dan Workshop Reviewer Artikel Ilmiah untuk Jurnal dan Konferensi Nasional Bereputasi yang diselenggarakan Januari-Februari 2022. Kegiatan tersebut melibatkan narasumber dan mentor dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang memiliki kapabilitas pengalaman publikasi dan menjadi reviewer jurnal bereputasi.

“Kegiatan konferensi diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari dosen, peneliti umum dan yang membanggakan adalah diikuti pula oleh kalangan Mahasiswa”, jelas Djoko Budiyanto. Peserta tersebut dipilih dengan menyisihkan puluhan calon peserta dari PTN/PTS se Indonesia. Artikel yang telah dikumpulkan mencakup topik-topik sebagai berikut: 11 artikel User Acceptance, Usabillity & Social Science, 6 artikel paper survey, 12 artikelUI/UX, 5 artikel Enterprise Architecture, Enterprise Resource Planning, dan Supply Chain Management, 11 artikel Machine Learning, 5 artikel IoT Smart Systems, dan 5 artikel topik pengabdian pada masyarakat.(girbok)

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Keren Nih, Sepeda Listrik Buatan Perantau Dari Jateng Bikin Ganjar Kepincut

    Media Center MotoGP Kominfo Dapat Digunakan Untuk Peliputan Secara Cuma-cuma